1. ACHIEVEMENT MOTIVATION TRAINING
(durasi 3 hari, biaya investasi Rp. 3.400.000 per peserta)
Achievement Motivation Training pertama kali diperkenalkan oleh guru besar psikologi Harvard University yaitu Prof. David McClelland. Model program ini telah diuji coba terhadap berbagai sasaran peserta maupun tempat dan ternyata berhasil mendorong semangat peserta untuk berprestasi dalam bidang pekerjaan masing-masing. Motivasi ternyata dapat mendorong meningkatkan kompetensi sehingga model program ini sekaligus menciptakan kinerja tinggi melalui kombinasi peningkatan motivasi dan kompetensi. Pelatihan ini ditujukan bagi para supervisor yang sedang atau akan meningkatkan kinerjanya baik melalui produktivitas individu maupun produktivitas kelompok. Metode pelatihan lebih berorientasi kepada diskusi kelompok dan presentasi, simulasi business game, self assessment dan kaitannya dengan tugas-tugas.
.
Materi pelatihan:
· Understanding of Achievement Motivation
· Characteristic of People with Strong Achievement Motivation
· Relation of Achievement Motivation to Success in Managerial Work
· Group Dynamic: Effect of Achievement Motivation on Business-related Decision Making and Performance
· Achievement Motivation in Imaginative Thought
· Practice: Achievement Thinking
· Personal Goals and Goal-Setting
· Playing: A Business Game
Output pelatihan:
· Memahami motivasi sebagai kunci sukses keberhasilan kerja
· Mendorong semangat untuk berprestasi dalam bidang pekerjaan masing-masing
· Memiliki semangat untuk meningkatkan kompetensi
· Memiliki semangat untuk mencapai tujuan (kelompok dan organisasi)
2. CREATIVITY IN THE WORKPLACE
2. (durasi 2 hari, biaya investasi Rp. 2.800.000 per peserta)
Kebiasaan menggunakan cara berfikir dengan dibatasi pola-pola atau kaidah-kaidah tertentu (mechanical system thinking) membuat seseorang cenderung terkekang daya kreativitasnya. Ketika persoalan muncul di tempat kerja, ide-ide yang seharusnya bermunculan untuk mengatasi persoalan menjadi terhambat. Creativity in the workplace akan sangat diperlukan untuk mengatasi persoalan yang nyata di tempat kerja. Pelatihan ini akan membekali peserta dengan seperangkat teknik-teknik kreatif dan ide-ide untuk menyelesaikan persoalan yang terjadi di tempat kerja. Metode pelatihan lebih berorientasi kepada diskusi dan presentasi, self assessment dan latihan berpikir dan bertindak kreatif.
Materi pelatihan:
1. Conditions for Creativity
· Introduction
· The brain's associations, and how to increase them
· The relationship between confidence and creativity
· Turning "failure" into feedback and letting it spur you to new creativity
· Opening the mind to fresh thoughts
· Loving the problem - How positive thinking leads to creative solutions
2. Strategies for Creativity
· Enriching the landscape of your ideas with Mind Mapping
· Using metaphorical thinking to see things from new perspectives
· "What If" - Asking new questions, developing new answers
· Learning from the Disney Creativity Strategy, by giving yourself room to dream
· The Provocation Tool - Challenging precedents to make way for brand new ideas
Output pelatihan:
*
Mampu menganalis dan memfokuskan pada persoalan nyata secara individual di tempat kerja.
*
Mampu menggunakan tool untuk membantu mengembangkan kreativitasnya
*
Mampu memperlancar pekerjaannya dengan ide-ide yang inovatif
3. ASSERTIVE COMMUNICATION SKILL
(durasi 2 hari, biaya investasi Rp. 2.400.000 per peserta)
Assertive Communication Skill akan mereduksi kegelisahan dan stres yang diakibatkan oleh kesalahpahaman dan konflik. Kemampun berkomunikasi secara asertif juga memungkinkan Anda dapat mengekspresikan pikiran dan perasaan Anda secara jelas dan efektif. Dengan demikian, Anda akan lebih percaya diri dan orang lain akan menghargai gagasan dan opini Anda berdasarkan prinsip yang Anda miliki. Anda juga dapat dengan jelas mengatakan “TIDAK” ketika Anda tidak setuju atau tidak suka tanpa rasa gundah. Begitupun Anda juga dapat meminta bantuan orang lain manakala diperlukan tanpa merasa takut dan stres. Melalui pelatihan ini para supervisor akan bekerja lebih efektif dan efisien dikarenakan dapat lebih tegas dalam mengarahkan orang-orang dan mengkoordinasikan tugas-tugas kepada para karyawan.
.
Materi pelatihan:
· Understanding assertiveness
· Developing assertive body languange, confidence, and self esteem
· Giving feedback, critism, and praise
· Understanding and asserting your rights
· How to say “NO” with confidence and without feeling guilty
· Understanding the link between stress and assertiveness
· Handling conflict and aggressive behavior
· Negotiating assertively with colleagues
Output pelatihan:
· Memahami perbedaan antara gaya komunikasi asertif dengan agresif atau pasif
· Mampu menyatakan perasaan (YA atau TIDAK) dengan rasa percaya diri
· Mampu mereduksi stres (sebagai hasil dari sikap asertif)
· Mampu mengatasi konflik
4. BUILDING POSITIVE WORKPLACE RELATIONSHIP
(durasi 2 hari, biaya investasi Rp. 2.400.000 per peserta)
Building Positive Workplace Relationship dapat menghindari debat yang bersifat destruktif dan mengupayakan terjadinya dialog yang konstruktif di antara para supervisor, peers group, dan karyawan. Bagaimana membangun konsensus, menyelesaikan masalah secara kolaboratif, dan mengembangkan norma-norma perilaku yang berorientasi kepada hubungan yang berdasarkan kemitraan, merupakan hal-hal yang akan dikupas tuntas dalam pelatihan ini. Salah satu metode yang digunakan untuk membangun hubungan positif di tempat kerja adalah: “bertanya untuk mendapatkan umpan balik”. Metode-metode ini akan diimplementasikan secara langsung dalam bentuk simulasi dan diskusi kelompok.
.
Materi pelatihan:
· Changing basic orientation from problem-focused to possibility-focused
· Communicating interests and resolving problems collaboratively
· Reaching consensus on important cross-group issues
· Developing win/win solutions that address multiple interests
· Understanding and appreciation of differing perspectives
· Transforming conflicts into opportunities for learning and growth
· Building spirit, trust, and lasting partnerships
Output pelatihan:
· Memahami hubungan positif di tempat kerja dalam kaitan dengan kerjasama tim
· Mampu berkomunikasi dan menyelesaikan masalah secara kolaboratif
· Dapat memahami dan menghargai perbedaan pendapat
· Dapat membangun semangat, saling percaya, dan kemitraan
5. CHANGE MANAGEMENT
(durasi 3 hari, biaya investasi Rp. 3.250.000 per peserta)
Change management merupakan skill yang mendasar yang dibutuhkan oleh para supervisor, manager ataupun leader untuk menjadi kompeten. Ada 5 prinsip dasar yang dapat dijadikan pegangan dalam melakukan menajemen perubahan: 1) orang yang berbeda akan bereaksi berbeda untuk berubah, 2) setiap orang memiliki kebutuhan fundamental yang harus dipenuhi, 3) perubahan seringkali mencakup kehilangan sesuatu, 4) ekspektasi perlu dikelola secara realistis, dan 5) kekuatiran akan dirasakan dalam proses perubahan. Perubahan yang terjadi di lingkungan makro dan mikro mau tidak mau harus dihadapi dan dikelola dengan baik. Change or Die bukanlah merupakan pilihan tetapi hanya isyarat perlunya perubahan menjadi lebih baik sebelum terlindas oleh perubahan itu sendiri.
.
Materi pelatihan:
Psychology of Change
§ Theories and Perspectives
§ 7 Principles of Change
§ Change Management Process
§ Organizational Change Competency
§ Connecting Change Management to Business
Preparing for Change
§ Define Your Change Management Strategy
§ Prepare Your Change Management Team
§ Develop Your Sponsorship Model
Managing Change
§ Communication Plan
§ Coaching Plan
§ Resistance Management Plan
§ Training Plan
§ Master Change Plan
Reinforcing Change
§ Collect and Analyze Feedback
§ Diagnose Gaps and Manage Resistance
§ Implement Corrective Action
Output pelatihan:
-Memahami ‘perubahan’ sebagai suatu peluang untuk menjadi lebih baik
-Mampu mempersiapkan perubahan
-Mampu mengelola perubahan ‘step-by-step’
-Mampu mengimplementasikan perubahan
6. CONFLICT & STRESS MANAGEMENT
(durasi 3 hari, biaya investasi Rp. 3.400.000 per peserta)
Conflict & Stress management yang berhasil telah terbukti dapat meningkatkan kinerja individu maupun kelompok. Konflik tidak perlu dihindari tetapi perlu dicari solusinya. Seringnya menghadapi konflik akan menyebabkan seseorang menjadi stres. Oleh karena itu, diperlukan sikap asertif dalam berkomunikasi di tempat kerja. Dengan mengetahui penyebab terjadinya stres dan mencoba mengatasinya maka lambat laut produktivitas yang tadinya menurun dapat ditingkatkan kembali. Perubahan perilaku terutama dalam merespon terhadap pressure yang terjadi di tempat kerja akan mampu mereduksi stres. Begitupun juga dengan kemampuan komunikasi dan interpersonal yang baik akan mampu mengatasi stres dan mendorong terjadinya konflik yang konstruktif.
Materi pelatihan:
*
Definition of conflict
*
Causes of conflict at work and socially
*
Stages in Conflict
*
Personal Conflict Handling
*
Conflict Management Techniques
*
The need to become more assertive
*
Pressure and Performance Management
*
Common Causes of Stress
*
The Symptoms of Excess Stress
*
Personal Stress Audit
*
Identifying Pressure at Work
*
The Psychology of Changing Behaviour
*
Making Appropriate Behaviour Changes
*
The Link between Good Communication and Decreased Stress
Output pelatihan:
· Memahami ‘konflik’ berdasarkan ‘positive thinking’
· Mampu mengelola konflik dengan menggunakan berbagai teknik dan strategi
· Mampu mengidentifikasi penyebab terjadinya stres di tempat kerja
· Mampu mengelola stres dengan berbagai teknik dan strategi mutakhi
r
7. BASIC MANAGERIAL SKILL
(duarsi 3 hari, biaya investasi Rp. 3.750.000 per peserta)
Basic managerial Skills sangat diperlukan bagi para manager, supervisor atau kepala bagian yang baru diangkat maupun yang sudah lama namun masih merasa belum puas dengan ketrampilan manajerial yang dimilikinya. Pelatihan ini akan memberikan pengetahuan dan ketrampilan dasar manajerial yang akan sangat berguna untuk melancarkan tugas-tugasnya setiap hari. Materi akan dibahas mulai dari prinsip-prinsip dasar manajemen sampai penerapannya pada tugas-tugas rutin. Setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan para peserta dapat memiliki pengetahuan dan ketrampilan dasar manajerial yang dapat membantu mereka dalam meningkatkan kinerja organisasi melalui peran manajerial.
Materi:
1.
Basic management principles.
2.
Problem Solving
3.
Leadership vs. Management
4.
Decision Making
5.
Goal Setting
6.
Managerial People Skills
7.
Delegation
8.
Managerial Technical Skills
9.
Motivating Employees
10.
Managerial Administrative Skills
Output:
*
Mampu menerapkan prinsip-prinsip dasar manajerial kedalam tugas harian
*
Memperoleh hasil organisasi/perusahaan melalui efektivitas penetapan tujuan, pendelegasian, pemecahan masalah dan pengambilan keputusan
*
Mampu mengelola orang, operasional, dan administrasi secara efektif
8. EFFECTIVE SUPERVISORY MANAGEMENT
(durasi 3 hari, biaya investasi Rp. 3.500.000 per peserta)
Effective supervisory management merupakan panduan bagi para supervisor untuk meningkatkan fungsi supervisinya secara efektif. Seorang Supervisor seperti layaknya seorang manager, dia harus mampu “Do the right things dan Do the things right atau kombinasinya yaitu Do the right things right”. Seorang Supervisor perlu memahami bagaimana melakukan kegiatan supervisi berbasis kompetensi artinya dia bukan lagi seorang supervisor yang memandori pekerjaan anak buahnya tetapi lebih kepada memimpin dengan memberi contoh (leading by example), membina, mengarahkan, mengayomi bawahan agar mereka mampu berproduktivitas tinggi sesuai tujuan yang ingin dicapai perusahaan. Metoda penyajian lebih berorientasi kepada problem solving (studi kasus), simulasi kasus, dan pengembangan tugas dan tanggung jawab seorang supervisor saat ini dan ke depan.
Materi pelatihan:
Getting into Supervision
*
Should You Be a Supervisor?
*
Making the Transition
*
The New Star in the Management Hierarchy
Human Relations and Communications: The Key to Successful Supervision
*
Achieving Productivity through People
*
The Supervisor-Employee Relationship
*
Creating a Productive Working Climate
*
The Effective Work Team
*
Staffing
*
Delegation
Managing Yourself
*
Establishing Goals and Planning
*
Setting Priorities
*
Managing Your Time
*
Make Decisive Decision
Output pelatihan:
- Memahami fungsi supervisi dan peran seorang supervisor dalam lingkungan bisnis kompetitif
- Mampu menciptakan iklim kerja yang produktif
- Mampu memotivasi seluruh anggota tim untuk terus meningkatkan produktivitas
- Mampu merencanakan, menyusun daftar proritas kerja, dan mengambil keputusan
9. EFFECTIVE TIME MANAGEMENT
9.
(durasi 2 hari, biaya investasi Rp. 2.400.000 per peserta)
Effective time management telah menyadarkan banyak orang bahwa ternyata mereka telah banyak menghabiskan waktu kerjanya secara percuma. Dalam 8 jam kerja, berapa jam waktu yang benar-benar memberikan nilai tambah bagi perusahaan? Hitunglah dalam satu hari berapa banyak gangguan waktu (time robbers) yang dihadapi seorang pekerja! Melalui pelatihan ini para peserta akan diajak untuk mengelola waktu kerjanya secara efektif melalui penggunaan To Do List, Inventory Analysis Chart, Time wasters elimination, Priorities Check List, dan time management strategies tools lainnya. Selesai pelatihan para peserta akan dapat mengatur waktu bukan diatur oleh waktu sehingga produktivitas dipastikan akan meningkat dengan cepat.
Materi pelatihan:
· How to manage your time
· How to eliminate time wasters
· How to improve your concentration
· Using To Do List
· Using Inventory Analysis Chart
· Using Priorities Check List
· Time management strategies
Output pelatihan:
· Memahami ‘waktu’ sebagai suatu sumber daya yang harus dikelola
· Mampu meningkatkan daya konsentrasi saat bekerja
· Mampu mengeliminasi time wasters
· Mampu mengimplementasikan priority check list, to-do-list, analysis chart, dan sebagainya
10. EFFECTIVE PRESNTATION SKILL
1 (durasi 2 hari, biaya investasi Rp. 2.400.000 per peserta)
Memiliki Good Presentation Skill menjadi harapan setiap orang terutama para supervisor dan staf eksekutif. Namun, masih ada sebagian orang yang merasa tidak nyaman dalam melakukan presentasi. Alasan yang umum adalah karena tidak biasa, kurang percaya diri, tidak tahu bagaimana yang seharusnya, dan sebagainya. Melalui pelatihan ini para peserta dilatih untuk mempersiapkan diri sebelum presentasi, membiasakan diri dengan penggunaan MS Powerpoint dan peralatan multi media, melatih diri berhadapan dengan berbagai audience, mempersiapkan lay out ruang presentasi, termasuk berlatih tanya jawab tanpa rasa kuatir. Setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan para peserta akan menjadi presenter yang efektif dengan pengembangan gaya presentasi yang khas sesuai kepribadian masing-masing.
Materi pelatihan:
· Preparation and practise your presentation skill
· Developing your presentation style
· Dealing with presentation nervousness
· Working with your audience
· Using MS Power Point and multi media projector
· Structuring effective presentation
· Developing as a presenter
Output pelatihan:
- Memahami presentasi sebagai suatu mata rantai terpenting dalam informasi
- Mampu mempersiapkan bahan-bahan presentasi
- Mampu melakukan presentasi dengan penggunaan multimedia
- Mampu mengontrol diri dan percaya diri saat berhadapan dengan audience
11. EFFECTIVE REPORT WRITING
1 (durasi 2 hari, biaya investasi Rp. 2.500.000 per peserta)
Effective report writing menjadi standar kompetensi yang harus dimiliki para supervisor. Mengapa? Karena mereka bekerja atas dasar pengumpulan data yang didapat dari sub-ordinate kemudian diolah menjadi suatu informasi yang selanjutnya dikemas dalam suatu report untuk konsumsi pihak manajemen. Penulisan laporan penuh dengan banyak hal menarik yang bergantung kepada pengembangan program dan database yang digunakan. Suatu report menjadi begitu berharga dikarenakan selain menyajikan informasi penting dia juga mencerminkan kreativitas dan inovasi dari penulisnya. Hal ini dapat tercermin dari format report yang digunakan, struktur penulisan, gaya bahasa yang digunakan, serta daya tarik pembaca untuk menelusuri seluruh isi report tersebut. Melalui pelatihan ini para peserta diharapkan akan menjadi effective report writer.
Materi pelatihan:
· Learn the database schema
· Become familiar with the data
· Embrace the business
· Clarify the specifications and requirements
· Manage expectations
· Take pride in your design
· Validate your reports
· Summary
Output pelatihan:
- Memahami ‘report’ sebagai suatu bentuk kreativitas dan inovasi penulisnya
- Mampu mempersiapkan dan mengakses data-data yang diperlukan untuk suatu report
- Mampu menulis suatu report dengan format dan struktur sesuai standar yang berlaku
- Mampu menganalisis dan mereview report yang telah ditulis
12. FINANCE FOR NON-FINANCE PEOPLE
(durasi 3 hari, biaya investasi Rp. 3.400.000 per peserta)
Finance For Non Finance People merupakan jembatan bagi para supervisor dan staf eksekutif perusahaan di bidang non keuangan yang selama ini sudah bergelut dengan aktivitas aliran uang namun kurang pemahaman tentang dasar-dasar manajemen keuangan. Tujuannya adalah agar setiap orang yang ikut dalam proses atau aktivitas aliran uang memahami bahwa perusahaan dapat tumbuh dan berkembang apabila mendapat laba. Mereka juga perlu memahami aliran kas masuk dan keluar (cashflow statement) sehingga dapat ikut mengamankan kondisi keuangan perusahaan. Perusahaan yang sehat juga tercermin dari laporan keuangan tahunan yang terus dapat meningkatkan pertumbuhan penjualan dan laba. Melalui pelatihan ini para peserta diharapkan mampu mengelola uang yang menjadi tanggung jawab unit, bagian, atau divisi masing-masing sesuai dengan sistem dan prosedur yang berlaku di perusahaan.
Materi pelatihan:
· Theory of the Firm
· Financial report (profit & loss, balance sheets, cashflow statements)
· Financial analysis (returned on funds employed, analysing business performance, key performance indicators)
· Costing (cost concepts and cost behavior, cost drivers, cost reduction strategies, relevant costs)
· Project evaluation (the time value of money, measurement of economic worth, developing cashflow for a project, the discounted cash flow model – NPV & IRR)
Output pelatihan:
· Memahami dasar-dasar manajemen keuangan (konsep rugi-laba, biaya, kinerja keuangan)
· Mampu membaca laporan keuangan tahunan, daftar rugi laba, laporan arus kas perusahaan
· Mampu mengelola modal kerja berdasarkan kondisi arus kas perusahaan
· Mampu mengevaluasi kinerja keuangan proyek
13. EFFECTIVE TEAM WORK
(durasi 3 hari, biaya investasi Rp. 3.400.000 per peserta)
Kerja bersama tim yang dibentuk untuk menyelesaikan suatu tugas, biasa disebut tim kerja atau teamwork. Namun sejauh mana tim kerja tersebut efektif dalam bekerja, perlu pengkajian lebih jauh terhadap tim tersebut. Pelatihan Effective Teamwork akan membekali para peserta dengan pengetahuan dan ketrampilan tentang tim kerja yang efektif.
Materi:
1. What is a Team?
- Teams and The Organization, - Groups versus Teams,- Types of Teams,- Characteristics of Teams
2. The stages of team development
3. The different roles and responsibilities within teams
4. Identify effective communication in a Team
- Levels, - Barriers, - Emotional Intelligence
5. Identify effective Team Behavior
6. Systematic Team Work
7. The value of High Performance Teams
- Characteristics, - Maintenance, - Causes of Low Performance
8. How to lead a high performance team.
9. Why Teams Fail and learn to avoid these mistakes?
Output:
· Memahami dasar-dasar pembentukan suatu tim
· Mampu mengidentifikasi komunikasi yang efektif dalam tim
· Memahami nilai-nilai tim berkinerja tinggi
14. BASIC LEADERSHIP SKILL
(durasi 2 hari, biaya investasi Rp. 2.500.000 per peserta)
BasicLeadership skill merupakan kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh para supervisor dan staf eksekutif perusahaan sesuai tuntutan tugas dan tanggung jawab yang diemban mereka. Kepemimpinan mengandung arti mempengaruhi orang lain (dalam hal ini bawahan) untuk mencapai tujuan yang ditetapkan dengan cara yang tidak memaksa. Untuk melaksanakan fungsi kepemimpinan ini maka sebagai pemimpin harus mampu belajar dari pengalaman yang lalu, mampu mendengar, bersikap asertif, mampu memfungsikan feedback, mampu mengelola stres yang mungkin timbul di tempat kerja, mampu menjalin hubungan dengan atasan atau rekan kerja, dan sebagainya. Melalui pelatihan ini para peserta diharapkan akan memiliki kemampuan dasar kepemimpinan di tempat kerja.
Materi pelatihan:
· Learning from experience
· Listening skill
· Assertiveness skill
· Providing 360 degree feedback
· Effective stress management
· Building technical competence
· Building effective relationship with superiors and peers
· Setting goals
· Punishment
· Conducting meetings
Output pelatihan:
· Memahami pentingnya fungsi kepemimpinan bagi supervisor
· Mampu berkomunikasi secara asertif dengan bawahan
· Mampu memberikan dan menerima umpan balik berdasarkan ‘360 degree feedback’
· Mampu membangun kerjasama tim
15. ADVANCED LEADERSHIP SKILL
(durasi 2 hari, biaya investasi Rp. 2.950.000 per peserta)
Leadership skill for supervisors (bagian kedua atau advanced) merupakan kompetensi lanjut yang harus dimiliki oleh para supervisor dan staf eksekutif perusahaan sesuai tuntutan tugas dan tanggung jawab yang diemban mereka. Kepemimpinan mengandung arti mempengaruhi orang lain (dalam hal ini bawahan) untuk mencapai tujuan yang ditetapkan dengan cara yang tidak memaksa. Untuk melaksanakan fungsi kepemimpinan pada tingkat lanjut ini maka harus mampu mendelegasikan tugas-tugas, mengatasi konflik, negosiasi, pemecahan masalah, mengembangkan kreativitas di tempat kerja, mendiagnosa permasalahan yang ada, membangun tim kerja yang efektif dan produktif, dan sebagainya. Melalui pelatihan ini para peserta diharapkan akan memiliki kemampuan lanjut kepemimpinan di tempat kerja.
Materi pelatihan:
· Delegating
· Managing conflict
· Negotiation
· Problem solving
· Improving creativity
· Diagnosing performance problems in individuals, groups, and organizations
· Team building for work teams
· Team building at the top
· Development planning
· Credibility
· Coaching
· Empowerment
Output pelatihan:
· Memahami pentingnya pendelegasian sebagai bagian dari fungsi kepemimpinan
· Mampu mengelola konflik yang muncul dalam kaitan kerjasama tim
· Mampu meningkatkan kreativitas anggota tim
· Mampu memberdayakan anggota tim
16. ADVANCED MANAGERIAL SKILL
(durasi 3 hari, biaya investasi Rp. 3.800.000 per peserta)
Advanced Management Skill for Supervisors merupakan skill lanjutan dan perangkat yang dibutuhkan untuk menjadi supervisor yang efektif. Ekspektasi manajemen terhadap para supervisor terus meningkat manakala sumber daya, dukungan manajemen, dan tenaga kerja yang tersedia semakin terbatas. Melalui pelatihan ini para supervisor akan dilatih dan dikembangkan kemampuan interpersonalnya, kemampuan membangun tim, dan kemampuan administratif. Banyak kasus yang menyangkut komunikasi antar individu yang berbeda budaya menimbulkan salah persepsi sehingga mengganggu produktivitas, hal ini tidak boleh dibiarkan oleh supervisor. Semangat untuk membangun kerjasama tim harus dimiliki sang supervisor. Demikian pula, secara administratif supervisor harus mampu melakukan job breakdown & task analysis, effective employee apraisal, dan sebagainya.
Materi:
1. Interpersonal Skills
§ Intergroup communications
§ The effect of perception and climate on communication
§ The use of feedback in communication
§ Problem solving and communication
§ Assertiveness techniques in the problem solving interview
2. Team Building Skills
§ Effect of communication on motivation
§ Motivation and job enrichment
§ Leadership effectiveness
§ Team building
§ Developing group skills
3. Administrative Skills
§ Job breakdown and task analysis
§ Performance appraisal – effect on employees
§ Task analysis and instructional design
§ Analysis of effective employee appraisal
§ Program analysis and review
Output:
· Memahami kemampuan interpersonal, kerjasama tim, dan kemampuan administratif sebagai management skill yang harus dimiliki seorang supervisor
· Memiliki kemampuan interpersonal
· Memiliki kemampuan membangun kerjasama tim
· Memiliki kemampuan administratif
17. STRATEGIC PLANNING
(durasi 2 hari, biaya investasi Rp. 2.500.000 per peserta)
Setiap organisasi bisnis yang ada perlu mempertimbangkan kondisi lingkungan internal dan eksternalnya untuk dapat tetap eksist dalam kondisi persaingan saat ini. Hal ini membutuhkan kemampuan stratejik yang memadai terutama dalam menyusun dan mengimpelementasikan perencanaan stratejik. Pelatihan Strategic Planning ini akan membekali para peserta dengan pengetahuan strategi yang memadai, jurus dan teknik dalam berbagai strategi yang dibutuhkan untuk menganalisis situasi bisnis saat ini dan yang akan datang, selanjutnya menentukan arah kebijakan perusahaan dan mengembangkan strategi untuk mencapai misi perusahaan yang telah ditetapkan.
Materi:
1. Strategy and policy
2. Strategic planning process
3. TOWS Matrix
4. Portfolio Matrix
5. Porter Generic Strategy
6. Successful strategy implementation
7. Failure causes factors of strategic planning
8. Case Study
Output:
· Memahami tujuan strategi dan kebijakan
· Memahami proses perencanaan stratejik untuk formulasi strategi
· Memahami penggunaan TOWS Matrix, Business Portofolio Matrix dan Generic Strategy
· Memahami implementasi strategi
18. BASIC NEGOTIATION SKILL
(durasi 3 hari, biaya investasi Rp. 3.950.000 per peserta)
Kemampuan bernegosiasi adalah suatu keharusan karena dalam kehidupan bisnis tidak ada pihak atau perusahaan yang begitu saja mengikuti kehendak pihak atau perusahaan lain. Segala sesuatu harus dinegosiasikan. Kadang-kadang kita merasa berada dalam posisi tawar menawar (bargaining position) yang lemah, apakah harus mengalah begitu saja pada pihak lain? Apabila Anda mahir sebagai negosiator yang ulung apapun posisinya Anda berada di posisi tawar yang kuat karena Anda lebih memfokuskan pada kepentingan bukan posisi. Masalahnya seringkali kita kurang percaya diri merasa tidak punya bakat sehingga tidak berani melakukan negosiasi. Melalui proses pembelajaran ini Anda diberikan pembekalan untuk menjadi negosiator yang baik dalam bisnis. Yang diperlukan adalah kemauan dan kerja keras untuk maju dan berkembang.
Materi:
1. Definitions and benefits of negotiation
2. Basics of negotiation
3. Identification problems in negotiating
4. Negotiation style
5. Preparation of negotiation
6. Implementation of negotiation
7. Case study
8. Case simulation
Output:
· Memahami pengertian negosiasi dan manfaatnya
· Memahami bagaimana merumuskan masalah-masalah negosiasi
· Memahami pemilihan gaya negosiasi yang tepat sesuai kepentingannya
· Memahami persiapan yang diperlukan sebelum bernegosiasi
19. TOTAL QUALITY MANAGEMENT
(durasi 3 hari, biaya investasi Rp. 3.250.000 per peserta)
Total Quality Management (TQM) adalah suatu pendekatan sistematik terhadap peningkatan kualitas untuk mencapai spesifikasi produk dan pelayanan yang diharapkan oleh pelanggan. TQM bertujuan menghasilkan produk dan layanan sesuai spesifikasi tersebut dengan tanpa cacat atau zero defects. TQM menciptakan cylcle perbaikan mutu secara terus menerus untuk meningkatkan produksi, kepuasan pelanggan dan keuntungan. Setelah pelatihan Total Quality Management ini, diharapkan peserta akan mampu mengelola kualitas total ditempat kerja.
Materi:
1. Introduction
· Definition of Quality, Dimensions of Quality,
· Basic concepts of Total Quality Management,
· Barriers to TQM Implementation.
2. TQM Principles
· Customer satisfaction – Customer Perception of Quality
· Customer Complaints, Service Quality, & Customer Retention
· Continuous Process Improvement, 5S, & Kaizen
· Supplier Partnership – Partnering
· Performance Measures
3. Statistical Process Control (SPC)
· Statistical Fundamentals – Measures of central Tendency and Dispersion, Population and Sample, Normal Curve, Control Charts for variables and attributes
· Concept of six sigma
4. TQM Tools
· Benchmarking – Reasons to Benchmark, Benchmarking Process
· Quality Function Deployment (QFD) – House of Quality, QFD Process, Benefits
· Total Productive Maintenance (TPM) – Concept, Improvement Needs.
5. Quality Systems
· Need for ISO 9000 and Other Quality Systems
· ISO 9000:2000 Quality System
Output:
· Memahami konsep dan prinsip TQM dan macam-macam tool yang digunakan
· Memahami pendekatan secara statistic pengendalian mutu
· Menyadari akan kebutuhan proses sertifikasi tentang ISO dan QS untuk industri
20. PROBLEM SOLVING & DECISION MAKING
(durasi 3 hari, biaya investasi Rp. 3.950.000 per peserta)
Problem Solving and Decision Making yang digunakan adalah yang dikembangkan oleh Prof. Herbert A. Simon dari National Academy of Science pada tahun 1986. Para supervisor dan manager dalam tugas dan tanggung jawabnya sehari-hari lebih banyak membuat keputusan dan menyelesaikan masalah sehingga lebih memfokuskan diri pada memilih masalah-masalah yang perlu perhatian, menetapkan tujuan, menemukan dan merancang tindakan yang sesuai, dan mengevaluasi serta memilih di antara sejumlah alternatif tindakan. Pengambilan keputusan saat ini bukan hanya berdasarkan pemikiran manusia saja tetapi juga telah banyak mendapatkan manfaat dari aplikasi program komputer dan internet. Hal ini akan membuat pemecahan masalah dan pengambilan keputusan menjadi lebih efektif. Dalam pelatihan ini didiskusikan dan dipraktekkan SEU Theory dan The Theory of Games untuk proses pengambilan keputusan serta Contemporary Problem Solving Theory untuk pemecahan masalah. Setelah selesai mengikuti pelatihan ini para peserta diharapkan mampu menjadi effective problem solver and decision maker.
Materi pelatihan:
· Opening Discussion: Problems in the real situations
· The Decision Making Process: Intelligence, Design, Choice, and Implementation
· Decision Making Styles
· Subjective Expected Utility (SEU) Theory in Workplace
· The limits of Rationality
· The Theory of Games in Practice
· Contemporary Problem Solving Theory in Workplace
· Dealing with Ill Structured Problems
· Setting The Agenda and Representing The Problem
· Computation as Problem Solving
· Decision Making Over Time
Output pelatihan:
· Memahami konsep ‘problem solving & decision making’ berdasarkan pemikiran Prof. Herbert A. Simon
· Mampu melakukan proses ‘decision making’ berdasarkan SEU theory dan theory of games
· Mampu melakukan proses ‘problem solving’ step-by-step
· Mampu menganalisis keputusan yang telah dibuat dan melakukan koreksi dan tindak lanjut
21. ADVANCED NEGOTIATION SKILL
(durasi 2 hari, biaya investasi Rp. 2.800.000 per peserta)
Advanced Negotiation Skills memberikan step by step guide bagi siapa saja yang hendak melakukan negosiasi yang efektif. Manakala sumber daya semakin terbatas dan peluang diperebutkan banyak pihak maka kemampuan bernegosiasi merupakan kunci sukses untuk mencapai keberhasilan. Prinsip dasar negosiasi adalah Getting to Yes. Bagaimana agar orang lain mengatakan YES kepada Anda tanpa terjadi pertikaian? Apalagi Anda merasa bargaining power Anda lemah, bagaimana mungkin Anda mengatur orang lain? Bisa jadi malah Anda yang dikendalikan orang lain. Berarti Anda perlu mengikuti pelatihan ini. Melalui pelatihan ini pemahaman mengenai struktur negosiasi, teknik-teknik negosiasi, dan pendekatan yang harus dilakukan dalam berbagai situasi akan didiskusikan dan dipraktekkan. Selesai mengikuti pelatihan ini diharapkan para peserta menjadi negosiator yang efektif.
Materi:
1. The basic concepts of negotiation
2. Identify approaches to negotiation
3. Six stages of negotiation
4. Plan a negotiation
5. Apply the persuasion process
6. Use listening skills in the negotiation process
7. Communication
8. Crafting a Strategy for Your Negotiation
9. Action Plan
Output:
· Memahami konsep dasar negotiating to win sebagai ‘Getting-to-YES’
· Mampu mempersiapkan kebutuhan-kebutuhan dalam suatu negosiasi
· Mampu menjadi negosiator dalam suatu negosiasi
· Mampu mengembangkan strategi negosiasi sekalipun dalam kondisi ‘lemah’
22. STATISTICAL PROCESS CONTROL
(durasi 3 hari, biaya investasi Rp. 3.750.000 per peserta)
Statistical Process Control (SPC) ini ditujukan bagi para quality technicians, SPC coordinator, quality analyst, quality engineer dan quality auditor yang ingin mendalami bagaimana SPC diintegrasikan ke dalam total quality system. Dengan dimplementasikannya SPC maka akan terpenuhinya persyaratan ISO 9000 dan terwujudnya kepuasan pelanggan. Melalui pelatihan ini juga para peserta akan dapat memilih dan menggunakan control chart terbaik dan paling sesuai untuk kondisi lingkungan kerja masing-masing, menyusun aturan main bila terjadi out-of control, serta mengatasi troubleshooting dengan menggunakan SPC. Selesai mengikuti pelatihan ini diharapkan para peserta akan mampu mengatasi masalah-masalah yang dihadapi manajemen dengan diimplementasikannya SPC.
Materi pelatihan:
· Introduction of SPC
· Use of data in business management
· Measurement assurance
· Common cause and special cause variation
· Principles of SPC charts
· Standard deviation and the normal distribution
· Types and control charts
· X-bar and R-chart
· IX and moving range chart
· Out-of-control rules
· P-chart, np-chart, c-chart, u-chart
· Process documentation on SPC construction and use
· Specification limits and SPC charts
· Estimating process capability
Output pelatihan:
· Memahami pentingnya statistical process control (SPC) dalam keberhasilan suatu bisnis
· Mampu memilih dan menggunakan control chart yang sesuai
· Mampu menyusun aturan main bila terjadi ‘out of control’
· Mampu mengatasi ‘troubleshooting’ dengan penggunaan SPC
23. SUCCESSFULLY MANAGING PEOPLE
1. (durasi 3 hari, biaya investasi Rp. 3.750.000 per peserta)
Successfully managing people berarti perusahaan dapat menyelesaikan konflik tanpa pusing, mendelegasikan tugas dengan lebih efisien, memberdayakan karyawan, dan mengubah resistensi menjadi dukungan. Selain itu juga dapat membuat gaya manajemen dan orang-orang yang ada dapat bersatu padu dengan budaya kelompok dan organisasi menjadi katalis yang memotivasi semua orang yang ada di dalam perusahaan kepada peningkatan produktivitas. Melalui pelatihan ini para peserta akan dibekali kemampuan untuk mengelola orang-orang, menangani orang-orang sulit, menumbuhkan semangat kerjasama dan saling percaya sehingga dapat dipastikan bahwa nilai-nilai yang dianut orang-orang sinkron dengan tujuan perusahaan.
Materi pelatihan:
· How to get people to want what they’re supposed to do
· Values and their impact on workplace
· How values can have productive and nonproductive results
· Determine your own personal style profile
· How to work more effectively with other personal profiles
· Employee motivation factors and their impacts on behaviors and different situations
· Effectively apply positive and corrective feedback
· Use different conflict resolution styles in different situations
· Different delegation styles: how and when to use them
· Understanding organizational culture and subculture
· Dealing with difficult people
· Your vision for ethical leadership
· Action planning
Output pelatihan:
· Memahami bagaimana mengelola orang-orang secara lebih berhasil
· Mampu memotivasi orang-orang dalam meningkatkan kinerja mereka
· Mampu mengatasi orang-orang sulit dalam organisasi
· Mampu mengatasi konflik dengan penggunaan teknik dan strategi mutakhir
Tidak ada komentar:
Posting Komentar