Selasa, 03 Agustus 2010

Mengenal TERNAK BELUT dan PROSPEK BISNISNYA

BUDI DAYA BELUT YANG BERMASA DEPAN CERAH. Demikian gambaran yang terpancar dari budi daya belut yang semakin menggeliat dari tahun ke tahun. Setidaknya hal ini terlihat dari semakin tingginya permintaan belut, baik belut segar maupun belut olahan untuk pasar dalam negeri dan luar negeri.

Sebenarnya , budi daya belut tidak terlalu sulit dilakukan dan tidak perlu mengeluarkan biaya besar jika dibandingkan dengan pembudidayaan ikan jenis lain. Lahan sempit tidak menjadi persoalan dalam budi daya belut, karena hewan bertubuh licin ini bisa dipelihara di lahan yang sangat terbatas , bahkan di dalam tong / drum sekalipun. Secara teknis, pembudidayaan dan pemeliharaan belut hanya memerlukan perhatian dan pemeliharaan yang baik. Apalagi ditunjang dengan keuletan dan keseriusan dalam memeliharanya, sudah pasti produksi belut akan meningkat.

A. Mengenal Belut

Belut mulai digemari masyarakat Indonesia sejak tahun 1979. Bentuknya yang bulat panjang dan hanya memiliki satu sirip di punggungnya membuat sosok belut mempunyai keunikan tersendiri. Dibalik keunikannya tersebut, ternyata belut banyak menyimpan keistimewaan. selain rasanya yang lezat, protein yang dikandung dalam dagingnya juga tergolong tinggi. Jadi tidak mengherankan jika banyak konsumen mancanegara yang sangat menggemarinya , sehingga menjadikan belut sebagai salah satu komoditas andalan ekspor Indonesia.

Di alam bebas, belut bisa dijumpai hidup di sawah, di rawah - rawa, sungai kecil dan laut. Karena termasuk hewan yang hidup di daerah beriklim tropis, belut banyak dijumpai di berbagai wilayah di Indonesia. Saat ini, sentra budi daya belut di Indonesia berada di Yogyakarta dan di sekitar Kuningan provinsi Jawa Barat. Sedangkan daerah lainnya , seperti Jawa Timur dan daerah lainnya sebagian besar merupakan tempat penampungan belut tangkapan langsung dari alam.

Belut yang banyak dikenal ada tiga jenis yaitu belut sawah ( Monopterus albus ), belut rawa ( Simbrankus bengalesis ) dan belut tambak ( Macrotama caligans ). Sementara ini yang banyak sekali diminta oleh pasar dalam dan luar negeri adalah belut sawah dan belut tambak.

B. Peluang Usaha Budi Daya Belut

Pada awalnya, belut sawah dikenal sebagai hama pada tanaman padi di sawah. Sedangkan belut tambak, dikenal pula sebagai hama pada lahan tambak karena memakan udang atau bibit - bibit ikan yang dikembangbiakan di tambak.

Namun seiring berjalnnya waktu, hingga saat ini belut telah menjadi primadona / andalan ekspor yang tak kalah unggul dibandingkan dengan jenis ikan lainnya. Mengapa demikian ? , disamping rasanya yang lezat ternyata belut banyak mengandung protein dan bahkan di negara - negara seperti Jepang, Korea Selatan, Hongkong dan Taiwan, dimana belut diyakini sebagai sumber makanan berprotein tinggi yang dapat membangkitkan stamina tubuh. Disamping negara - negara tersebut, ternyata sekarang permintaan belut dari Indonesia juga mulai diminati di negara Amerika serikat, Australia dan Singapura, Selandia baru, Perancis, Italia, Spanyol, Belanda, Inggris, Denmark , dimana belut di konsumsi sebagai menu tambahan dalam setiap hidangan. Bagi masyarakat yang ada di negara - negara tersebut , belut merupakan masakan papan atas yang hanya bisa dijumpai di restoran mewah dan hotel berbintang. Jadi disini sudah jelas pangsa pasar kosumen belut yang masih terbuka sangat luas , kemungkinan juga akan semakin meningkat jumlah negara yang ingin mengimpor belut dari Indonesia.

Biasanya, belut yang dipesan oleh negara - negara tersebut adalah belut segar (fresh eels ), belut beku ( frozen eels ) dan belut asap ( smoked eels ). Permintaan belut segar dan hidup pada tahun ini di sejunlah negara - negara Asia sebanyak 60 ton per hari, akan tetapi pada saat ini hanya dapat terpenuhi sebanyak 5 ton saja per harinya dari 3 eksportir belut yang ada di Indonesia. Sedangkan untuk negara - negara di kawasan benua Eropa , permintaan belut asap ( smoked eels ) sebanyak 2 - 4 ton per hari. Ini semua belum termasuk permintaan belut untuk konsumen lokal yang ada di kota besar seperti Surabaya, Bandung, Yogyakarta, Solo dan Malang.

Oleh karena pasar yang begitu prospektif dan cerah, maka budi daya belut sangatlah menjajikan. Sedangkan untuk pasar dalam negeri, pada umumnya belut yang banyak dijual berasal dari tangkapan alam dan baru sedikit yang membudidayakannya.

C. Pasar Lokal dan Ekspor

Belut yang banyak mengandung protein sebagai salah satu sumber gizi yang baik untuk anak - anak hingga orang dewasa. Saat ini pemasaran belut hasil peternakan banyak di pasrkan di pasar - pasar tradisional hingga supermaket. perlu diketahui juga bahwa harga belut sangat bagus baik untuk pasar lokal maupun ekspor. Harga belut saat ini untuk pasar lokal berkisar antara Rp. 24.000 -- Rp. 29.000 / Kg. Sedangkan untuk pasar ekspor , harga belut sangat bagus yakni berkisar 6 - 10 Dollar Amerika / Kg.

Oleh karena itu, tunggu apa lagi dan segera lakukan langkah konkrit untuk mewujudkan menjadi juragan peternakan belut yang siap memenuhi permintaan pasar lokal maupun ekspor. Semoga artikel ini bisa menggugah dan merubah mindset generasi muda Indonesia untuk menjadi entrepreneur / pengusaha yang mandiri , seperti presentasi yang pernah disampaikan oleh Ir. Ciputra bahwa untuk mewujudkan Indonesia menjadi negara yang sejahtera jika 2 - 4 persen penduduknya memantapkan diri untuk berwirausaha mandiri tidak hanya mengaharapkan menjadi pegawai negeri / swasta saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar