Senin, 12 Mei 2014

Steel Pipelines Crossing Railroads and Highways (API RP 1102)



Steel Pipelines Crossing Railroads and Highways
(API RP 1102)

Pada saat penentuan rute pipa, tidak jarang ditemukan kasus dimana rute pipa yang akan ditentukan bertemu dengan sebuah objek existing seperti danau, rawa, bukit, atau jurang.  Maka, pipeline crossing harus dibuat agar pipa tetap dapat mengikuti rute yang telah ditentukan tetapi tidak menggangu objek existing tersebut.Selain itu, medan yang dilalui oleh saluran pipa sangat beragam, yaitu mulai dari dalam air, dataran rendah, lembah, dan di dalam tanah. Dalam pengoperasiannya akan banyak ditemukan berbagai macam persoalan, baik persoalan kelelahan (fatigue), korosi (corrosion), maupun retak (crack). Keretakan pada pipa menjadi persoalan yang sangat diperhatikan karena efek lanjutannya bisa mengakibatkan kebocoran dan ledakan. Banyak pipa mengalami masalah retak pada sebagian besar pipa yang telah terpasang, dan biaya untuk memperbaikinya sangat mahal. Mengingat begitu besarnya biaya dalam perbaikan pipa, maka dalam tahap perancangan perlu dilakukan analisis wall thickness, analisis stabilitas pipa bawah air (on-bottom stability analysis), analisis panjang bentang bebas pipa (free span analysis), dan analisis tegangan (stress analysis).
Beberapa crossing yang sering tidak bisa dihindari adalah: Road Crossing (Crossing Jalan), River Crossing (Crossing Sungai), Ada pula beberapa crossing yang tidak selalu ada dipekerjaan pipeline, seperti: Rail Crossing.Adapun tentang  Steel Pipelines Crossing Railroads and Highways, biasanya dibagi menjadi 2 bagian: Underground Methods dan  Above Ground Methods.  Underground Methods biasa menggunakan metoda boring, sedangkan untuk Above Ground Methods biasa menggunakan Pipe Racks maupun Bridges. Namun secara construction, ada banyak metode yaitu: opencut, auger bore / thrust boring, Horizontal Direct Drilling. Untuk river crossing dengan kedalaman yang bisa dilakukan oleh alat (biasanya pontoon excavator) maka dilakukan metode HDD. tapi apabila kedalaman bisa dijangkau oleh alat (menggunakan pontoon excavator untuk kedalaman 1,5 - 6 meter, tanpa pontoon excavator jika excavator riverbernya cukup keras dan dangkal) biasanya digunakan metode opencut. Dari kedua Methods tersebut tentu banyak kelebihan dan kekurangannya baik dilihat dari sisi Engineering, Constructibility/Schedule maupun Cost/Budget.  Dalam mengambil keputusan untuk menggunakan Road Crossing dan Railroad Crossing masing-masing  dapat mempertimbangkan beberapa aspek seperti tekanan yang dampak dari kendaraan terhadap pipa tersebut, serta potensi kesulitan yang berhubungan dengan melindungi casing pipa dari korosi

Outline :
-        Pipa, Fitting
-        Flensa/flang
-        Valve
-        Mur dan Baut
-        Gasket
-        Survei dan Pematokan
-        Pembersihan Jalur Pipa
-        Pengangkutan dan Penyimpanan Pipa
-        Pengangkutan Pipa dan Pemuatan pada kendaran
-        Stringing
-        Welding
-        Radiography
-        Field Joint Coating
-        Trenching, Lowering
-        Backfilling
-        Hidrostatic Test
-        Reinstatement
4.       Ketentuan untuk Keselamatan Publik dan Persetujuan Crossings
5.       Uncased Crossings :
-        Type of Crossing
-        General
-        Location and Alignment
-        Cover
-        Design
-        Loads
-         Stresses
-        Limits of Calculated Stresses
-        Orientation of Longitudinal Welds at Railroad and Highway Crossings
-        Location of Girth Welds at Railroad Crossings
6.       Cased Crossings  :
-        Carrier Pipe Installed within a Casing
-        Casings for
-        Minimum Internal Diameter of Casing
-        Wall Thickness
-        General
-        Location and
-        Cover
-        Installation
-        Casing Seals
-        Casing Vents
-        Insulators
-        Inspection and Testing
7.       Pipeline Installation Procedures for Crossings
-        Trenchless Installation
-        Open Cut or Trenched Installation
-        Road Crossing Installation
-        Back Filling dan Cleaning Area
8.       Railroads and Highways Crossing Existing Pipelines  :
-        Adjustment of Pipelines at Crossings
-        Adjustment of In-service Pipelines
-        Adjustments of Pipelines Requiring Interruption of Service
-        Protection of Pipelines During Highway or Railroad Construction.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar