Jumat, 07 November 2014

Storage Tank API 653 : Tank Construction, Inspection, Maintenance, and Causes Of Failure



Storage Tank API 653 : Tank Construction, Inspection, Maintenance, and Causes Of Failure

Abstraksi :
Kegagalan tangki penyimpanan minyak jenis atap kerucut (Cone roof tank) dapat berakibat defleksi permanen karena terabaikannya kondisi operasi dan persyaratan konstruksi. Prediksi tegangan kritis pada tangki penyimpanan minyak sangat diperlukan. Tegangan kritis yang berupa kombinasi antara membrane stress dan bending stress sangat penting untuk diketahui agar senantiasa dapat dimonitor. Salah satu fungsi utama dari inspeksi adalah untuk memastikan kehandalan (reliability), keberadaan (availability) dan profitability (benefit) dari peralatan operasional industrial plant sehingga dapat menghindari tidak berfungsinya peralatan dan dapat mengakibatkan: Bencana, Profitabilitas menurun, Hilangnya waktu, Menurunnya produksi, Dan lain-lain
Kajian terhadap perencanaan aktifitas inspeksi pada tangki penyimpanan crude oil dengan menggunakan metode RBI (Risk Based Inspection) dimana jika diterapkan dapat berfungsi untuk memprediksi terjadinya kegagalan. RBI adalah suatu metode dengan menggunakan analisis resiko peralatan sebagai dasar untuk memprioritaskan perencanaan manajemen program inspeksi. Metode ini memberikan kemampuan untuk mengalokasikan sumber daya inspeksi dan perawatan yang lebih untuk peralatan yang berisiko tinggi dan penghematan pemakaian sumber daya tersebut untuk peralatan dengan resiko rendah.

Tujuan :
1.       Memahami pengertian umum API 653
2.       Memahami teknik storage tank inspection
3.       Memahami kerusakan pada storage tank
4.       Mampu memberikan saran untuk perbaikan atas kerusakan pada storage tank.
5.       Mampu menyusun pelaporan inspeksi atas keandalan storage tank.

Materi Training :
1.       What Is The Api 650 Specification
2.       Performing Tank Calculation
3.       Causes Of Catastrophic Tank Failure
4.       Suitability For Service
5.       Design Considerations for Reconstructed Tanks
6.       Tank Repair And Alteration
7.       Dismantling And Reconstruction
8.       Marking And Recordkeeping

Peserta :
Plant engineers, Inspection Engineers, Corrosion & Materials Engineers yang pekerjaannya sangat berkaitan dengan implementasi sistem RBI (Risk Based Inspection).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar