Selasa, 26 April 2016

Inspection & Maintenance of Pressure Vessel



Inspection  & Maintenance of Pressure Vessel

ABSTRACK
Pressure Vessel atau disebut bejana tekan merupakan wadah tertutup yang dirancang untuk menampung cairan atau gas pada temperatur yang berbeda dari temperatur  lingkungan. Bejana tekan digunakan untuk bermacam-macam  aplikasi di berbagai sektor industri seperti industri kimia (petrochemical plant), energi (power plant),  minyak dan gas (oil & gas), nuklir, makanan, bahkan sampai pada peralatan rumah tangga seperti boiler pemanas air atau pressure cooker. Di sektor industri, bejana tekan dirancang untuk pengoperasian yang aman pada tekanan dan temperatur tertentu secara teknik mengacu sebagai Design Pressure dan Design Temperature.
Apabila sebuah bejana tekan yang dirancang tidak  tepat untuk  menahan tekanan yang tinggi maka bahaya keamanan akan mengancam. Oleh karena itu, standar rancangan dan sertifikasi bejana tekan dibuat melalui beberapa design code seperti ASME Boiler and Pressure Vessel di Amerika, Pressure Equipment Directive of the EU (PED), Japanese Industrial Standard (JIS), CSA B51 di Canada, AS1210 di Australia dan standar internasional lain seperti Lloyd’s,  Germanischer Lloyd, Det Norske Veritas, Stoomwezen, dll.
Pelatihan ini akan membahas mengenai guide dan aturan-aturan mengenai procedure dari maintenance inspection, inservice/certificate inspection, perbaikan (repair), alteration dan rerating dari bejana tekan (pressure vessel), yang mencakup towers, drums, reactors dan spherical storage tank. Sehingga setelah mengikuti kursus ini, peserta akan mampu : mengetahui beberapa standard inspeksi vessel berdasarkan API 510, mengetahui standar perhitungan vessel untuk perbaikan berdasarkan code ASME,  melakukan inspeksi untuk mendeteksi kerusakan secara dini,  menentukan kelayakan operasi dan umur sisa pressure vessel berdasarkan hasil inspeksi.

OUTLINE

1.         Bejana tekan dan resiko kecelakaan
2.         Klasifikasi bejana tekan
3.         Konstruksi vessel : standar material, pengelasan sambungan dan pengujian tak merusak (NDT)
4.         Bejana tekan dan pengoperasian : beban, tegangan, retak dan korosi
5.         Penghitungan kekuatan minimum berdasar ASME
6.         Penentuan ketebalan minimum actual dan ketahanan terhadap retak/patah
7.         Pengoperasian, Peralatan Keamanan dan Pengendali
8.         Standard inspeksi berdasar API 510
9.         Interval untuk inspeksi
10.     Perawatan dan Perbaikan : Inspection Procedure, Dimension Inspection, Weld Inspection, Non Destructive Examination (NDE), Pressure Test, Repair Procedure, Dokumentasi

PARTICIPANT
Pelatihan ini penting untuk diikuti praktisi di industri yang sering terlibat dan bertanggung jawab dalam pengoperasian, perawatan dan perbaikan pressure vessel,  personal yang terlibat dalam perencanaan ataupun pemeriksaan kelayakan pressure vessel, juga untuk para staf dari level operator, teknisi, supervisor maupun engineer.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar