Senin, 01 April 2013

PROPOSAL PELATIHAN PERSIAPAN PURNAKARYA LOKASI : DENPASAR BALI



PROPOSAL PELATIHAN 
PERSIAPAN PURNAKARYA (PRE-RETIRED TRAINING)
LOKASI : DENPASAR BALI

LATAR BELAKANG
Sebagian orang beranggapan bahwa istilah “habis manis sepah dibuang” tepat untuk ditujukan bagi orang yang akan memasuki masa purnabakti.  Padahal karyawan yang akan menjalani masa pensiun adalah tenaga-tenaga yang sedang dalam puncak kematangan psikologis serta kaya akan pengalaman. Apabila potensi ini dapat dibangkitkan maka masa pensiun akan menjadi kehidupan yang menyenangkan untuk memulai kehidupan baru. Rencana dan keinginan untuk mencipta, berkarya atau mengelola sesuatu yang belum sempat diwujudkan dapat segera direlisasi. Namun kalau tidak ada persiapan mental dan bekal yang memadai maka kehidupan setelah pensiun bisa menjadi awal penyebab ketidakharmonisan rumah tangga serta makin menurunnya mental dan kesehatan.
Oleh karena itu, untuk meminimalkan gejala timbulnya Post power Syndrom bagi mereka yang akan segera memasuki masa purna tugas, maka perlu adanya upaya dari perusahaan untuk memberi pembekalan kepada mereka sebagai persiapan. Hal ini sebagai bentuk tanggung jawab moril dan ungkapan terima kasih perusahaan terhadap karyawan yang akan segera memasuki purnabhakti. Dengan pembekalan tersebut, diharapkan dapat membantu para karyawan untuk  mempersiapkan masa purnakarya dengan lebih matang dan terencana Bentuk persiapan tersebut antara lain memberi bimbingan dan masukan melalui workshop ini.

TUJUAN
Kegiatan ini didesain sedemikian rupa sehingga sangat efektif untuk memberikan kesadaran tentang pentingnya persiapan masa purnabakti dalam berbagai aspek. Secara garis besar tujuan dari kegiatan ini adalah:
1.       Membekali karyawan untuk mempersiapkan diri secara optimal dalam menghadapapi masa purnabakti. Dengan pembekalan ini, peserta diharapkan terhindar atau paling tidak meminimalkan dari dampak-dampak yang dapat berakibat kurang baik terutama dampak secara psikologis, sehingga lebih siap dalam menjalani masa purnabakti dengan penuh percaya diri dan bahagia.
2.      Peserta dapat memahami gambaran tentang rencana-rencana keuangan yang aman dengan manajemen resiko keuangan yang efektif, pertimbangan  dan pemilihan jenis investasi yang relatif aman.
3.      Memberikan motivasi sekaligus membuka wawasan yang komprehensif mengenai berbagai usaha yang dapat dijadikan referensi terutama setelah para karyawan memasuki masa purnabakti.
4.      Memberikan gambaran langsung tentang kewirausahaan dan bagaimana mengelola usaha dengan kondisi yang sesuai bidang yang diminati, sekaligus memberikan fasilitas bagi peserta untuk melakukan konsultasi usaha yang diminati hingga usahanya berjalan.

BENTUK DAN METODE KEGIATAN
Agar kegiatan ini berjalan efektif, maka perlu digali terlebih dahulu minat dan ketertarikan peserta sebelum mengikuti kegiatan ini. Hal ini sangat penting mengingat beragamnya minat dan bakat seseorang pada suatu jenis usaha, sehingga ketika menjalani kegiatan praktek proses pemahaman akan lebih mudah dan efektif. Kegiatan ini juga mengkombinasikan pengajaran di dalam dan di luar kelas mengenai berbagai aspek yang perlu dipersiapkan sebelum seseorang memasuki masa purnabakti. Durasi pelatihan selama 4 (empat) hari dengan alokasi waktu dua hari di kelas dan dua hari untuk kegiatan kunjungan dan praktek. Dengan demikian setidaknya akan terbentuk mental pensiun yang benar-benar siap memasuki MMP.
Adapun metode pelatihan yang digunakan adalah presentasi pemaparan materi, diskusi, role play, kunjungan lapangan dan praktek. Pada saat kunjungan, peserta juga akan diberikan pemahaman tentang business planning, risk management, market opportunity and Market Share yang diberikan langsung oleh pengelola usaha terkait usaha yang dijalankan sesuai dengan rencana usaha yang diminati peserta.

SASARAN PESERTA
Workshop ini ditujukan bagi karyawan di perusahaan yang akan segera memasuki masa purnabakti atau karyawan menjelang usia 55 tahun.

MATERI
Hari Pertama
Sesi I
·   Reorientasi Hidup Memasuki Masa Purnabakti
·  Manajemen Stres
·   Psikologi Keluarga
·  Tips dan Trik Menjaga Kestabilan Emosi dan Spiritual
·  Pola Hidup Sehat di Masa MPP

Sesi II
·  Strategi Menghadapi Masa Pensiun 
·  Manajemen Keuangan dan Investasi
·  Jenis-jenis Investasi Keuangan
·  Tips Memilih Jenis Investasi yang Efektif
·  Mengenali Resiko-resiko Keuangan
·  Manajemen Resiko Keuangan yang Efektif
·  Strategi untuk Mencapai Kebebasan Finansial

Hari Kedua
Sesi I
·   Pengantar Enterpreneurship
·   Merubah mindset menjadi entrepreneur
·   Membentuk jiwa wirausaha yang handal

Sesi II
·   Kiat membidik dan evaluasi peluang  usaha baru (analisis kelayakinan usaha)
·   Menyiasati pembiayaan usaha baru
·   Bentuk kepemilikan dan rencana  pemasaran
·   Sumberdaya insani bagi wirausaha
·   Organisasi, kepemimpinan dan pengawasan usaha baru
                                   
ACARA PENDUKUNG
Para peserta tidak hanya diberikan materi-materi pelatihan di dalam kelas tapi juga diajak untuk melakukan aktifitas dan kegiatan lain yang menunjang jalannya pelatihan, di antaranya:
·         Senam kesehatan usia MPP
·         City tour ke beberapa tempat wisata menarik di Bandung dan sekitarnya, serta beberapa pusat perbelanjaan dan kerajinan
·         Special dinner , entertainment dan keakraban

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar