Senin, 11 Maret 2013

Internal Audit Asuransi



Internal Audit Asuransi : Konsep Dan Penerapan Audit Operasioanl Berbasis Risiko Pada Perusahaan Asuransi ( TINGKAT DASAR)
BACKGROUND
Kompleksitas dan dinamika organisasi bisnis tergantung pada besar-kecil nya perusahaan.Semakin besar perusahaan berarti semakin banyak pihak yang berkontribusi terhadap keberhasilan perusahaan dan semakin bertambah pula para pemangku kepentingan atas perusahaan tersebut.
Pertumbuhan dan perkembangan perusahaan selalu diikuti oleh peningkatan kompleksitas dan dinamika organisasi yang dipastikan menambah keterbatasan manajemen untuk melakukan control dan pengawasan dalam rangka memastikan bahwa setiap unit kerja operasional dan para pejabat pelaksana telah bekerja sesuai dengan fungsi dan perannya dalam organisasi dengan berpedoman pada Standard Operating Procedur.
Untuk meniminalkan risiko penyimpangan dalam penyelenggaraan bisnis dan mendukung kecepatan penyelesaian masalah operasional serta meningkatkan harmoni kerja seluruh jajaran perusahaan, diperlukan adanya unit kerja yang secarafungsional menjalan peran pengawasan dan/ atau kontrol yang kini dikenal dengan sebutan Internal Auditor.
Peraturan Menteri Keuangan Nomor : 152/PMK.10/2012 tentang Tata kelola Perusahaan Asuransi , juga mensyaratkan adanya pengendalian intern yang efektif dan Internal Auditor merupakan organ pendukung dalam mewujudkan Tata kelola perusahaan yang baik.
Untuk menjalankan peran Internal Auditor secara professional diperlukan bekal pengetahuan dan keterampilan audit yang memadai melalui pelatihan Internal Auditor.
PROGRAM PELATIHAN
- Sistem Pengendalian Internal
- Kebijakan Audit Internal
- Dasar-dasar Audit
-Penyusunan Program Kerja dan Kertas Kerja Audit
- Teknik/ Metode Audit
- Pengelolaan Tugas-Tugas Audit Internal
TARGET PESERTA
Peserta yang mengikuti Lokakarya ini diharapkan adalah:
Anggota Komite Audit
Manajer dan staf bagian Internal Audit / Compliance (Kepatuhan)
Manajer dan staf bagian Manajemen Risiko
Manajer dan staf bagian Keuangan dan Akuntansi
Akademisi, serta Pemerhati Asuransi dan Keuangan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar