Jumat, 18 Juli 2014

Material Safety Data Sheet (MSDS)



Material Safety Data Sheet (MSDS)

DESKRIPSI
                Area industri tidak terlepas dari bahan-bahan kimia beracun dan berbahaya yang dapat memberikan kerugian bagi perusahan jika penanganan tidak memadai, karena selain beracun, korosif bahan tersebut mudah terbakar dan meledak (flammables). Bahan-bahan kimia tersebut dijumpai sebagai bahan proses dan juga sebagai bahan buangan (waste). Informasi yang kurang dan tidak benar terhadap bahan kimia ini dapat mengakibatkan fatal bagi operator yang bekerja dengan bahan kimia itu.
                Salah satu upaya untuk mencegah atau mengurangi resiko akibat penggunaan bahan kimia B3 adalah dengan memahami Lembar Keselamatan Bahan atau MSDS (Material Safety Data Sheet) bahan kimia B3 tersebut. MSDS merupakan salah satu bentuk pengendalian resiko berkaitan dengan bahan kimia B3.
                Layaknya sebuah Standard Operating Procedure (SOP), training mengenai MSDS mutlak diperlukan. Semua orang yang akan berhubungan dengan bahan kimia B3 harus mendapatkan training MSDS. Termasuk pula bagi anda calon karyawan yang akan bekerja di pabrik kimia atau mahasiswa yang sedang Praktek Kerja Lapangan (PKL).

Outline :
a.       Identifikasi bahan (Material Identification)
b.      Komposisi bahan berbahaya (Hazardous Ingredients)
c.       Sifat fisika dan kimia (Physical and Chemical Characteristics)
d.      Data potensi bahaya kebakaran dan ledakan (Fire and Explosion Hazard Data)
e.      Data potensi bahaya terhadap kesehatan (Health Hazard Data)
f.        Data reaktifitas (Reactivity Data)
g.       Prosedur safety penanganan, tumpahan, kebocoran dan limbah (Precaution for Safety Handling and Use)
h.      Tindakan pengendalian untuk mengurangi bahaya (Control Measures)

Participant
Peserta adalah personal yang terlibat baik secara langsung maupun tidak langsung, mulai dari jenjang karyawan biasa, Manager khususnya Quality Control, Quality Assurance, Eviromental Assurance, SH&E Engineer, Produksi, Laboratorium serta gudang.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar