Sabtu, 17 April 2010

Maximizing Your R&D Staff's Performance


Maximizing Your R&D Staff's Performance

Seminar/Conference Description :
R&D atau Research and Development merupakan suatu divisi dalam suatu perusahaan yang bertugas dan bertanggung jawab untuk melakukan kegiatan riset dalam rangka mengembangkan perusahaan. Kegiatan riset yang dilaksanakan dapat menyangkut semua aspek yang ada dalam perusahaan, misalnya keuangan, pemasaran, kinerja karwayan, dan lain-lain. Semua riset tersebut dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi perusahaan.

Pelaksana riset yang dimaksudkan di atas adalah karyawan (manager atau staf) yang ada di Divisi R&D, yang idealnya memahami segala hal yang terkait dengan pelaksanaan riset. Dengan demikian, dalam rangka memperoleh hasil riset yang valid dan dapat diandalkan, maka sebaiknya karyawan tersebut memiliki basis keilmuan tentang riset, atau pernah mempelajari teknik melakukan riset, atau paling minimal mau menerapkan metodologi penelitian yang memenuhi kriteria suatu penelitian yang baik.

Bagi perusahaan yang tidak memiliki staf R&D dengan kualifikasi di atas, tampaknya perlu menyadari pentingnya pemenuhan kualifikasi di atas. Hal ini dalam rangka menghindari kesalahan teknis penelitian, yang ujung-ujungnya melahirkan suatu kesimpulan yang keliru dan akibatnya dapat membahayakan perusahaan. Oleh karena itu, pelatihan yang terkait dengan pembekalan metodologi penelitian (untuk bisnis) perlu diikuti.

Outline :
Tujuan dan Manfaat Pelatihan
Tujuan Umum
Pelatihan ini secara umum bertujuan untuk memberikan materi-materi yang terkait dengan metodologi penelitian secara umum dan secara khusus tentang teknis penelitian khusus, misalnya penelitian marketing, keuangan, dan lain-lain, sehingga para peserta dapat memenuhi kualifikasi sebagai peneliti dan dapat melaksanakan penelitian yang dibutuhkan di perusahaannya.

Tujuan Khusus
Secara khusus, pelatihan ini bertujuan agar peserta dapat:

1. Memahami dan membuat pengertian tentang penelitian
2. Memahami dan menjelaskan tujuan penelitian
3. Memahami dan menerapkan kriteria penelitian yang baik
4. Memahami dan menjelaskan tentang berbagai macam/jenis penelitian berdasarkan kriteria tertentu
5. Memahami, menjelaskan, dan melaksanakan tahap-tahap penelitian yang baik
6. Memahami, menjelaskan pengertian dan fungsi, dan membuat contoh batasan permasalahan penelitian yang baik
7. Memahami, menjelaskan pengertian dan fungsi, dan membuat contoh hipotesa penelitian
8. Memahami, menjelaskan pengertian dan fungsi, dan membuat contoh pertanyaan-pertanyaan inti yang akan menjadi tujuan penelitian
9. Memahami, menjelaskan pengertian dan fungsi, dan membuat contoh jenis-jenis data
10. Memahami, menjelaskan, dan melaksanakan teknik-teknik pengumpulan data (pembuatan butir-butir kuesioner/survey)
11. Memahami, menjelaskan, dan membuat contoh sumber-sumber data (sampling technique)
12. Memahami, menjelaskan pengertian dan fungsi, dan membuat contoh teori-teori pendukung
13. Memahami, menjelaskan, dan melaksanakan teknik analisa data
14. Memahami, menjelaskan, dan membuat contoh hasil analisa data
15. Memahami, menjelaskan, dan melaksanakan teknik kalibrasi data
16. Memahami dan membuat contoh penelitian pemasaran (marketing intellegent)
17. Memahami dan membuat contoh penelitian keuangan
18. Memahami dan membuat contoh penelitian SDM
19. Memahami dan membuat contoh penelitian operasional
20. Memahami dan membuat contoh penelitian pasar
21. Memahami dan membuat contoh penelitian managemen
22. Memahami dan membuat contoh penelitian teknologi
23. Memahami dan membuat contoh penelitian sikap
24. Memahami, menjelaskan, dan melaksanakan teknik penulisan laporan penelitian

Materi
Berdasarkan tujuan di atas, maka pelatihan ini akan berisikan materi-materi sebagai berikut:

1. Pengertian tentang penelitian
2. Tujuan penelitian
3. Kriteria penelitian yang baik
4. Berbagai macam/jenis penelitian berdasarkan kriteria tertentu
5. Tahap-tahap penelitian yang baik
6. Pengertian, fungsi, dan contoh batasan permasalahan penelitian yang baik
7. Pengertian, fungsi, dan contoh hipotesa penelitian
8. Pengertian, fungsi, dan contoh pertanyaan-pertanyaan inti yang akan menjadi tujuan penelitian
9. Pengertian, fungsi, dan contoh jenis-jenis data
10. Teknik-teknik pengumpulan data (pembuatan butir-butir kuesioner/survey)
11. Sumber-sumber data (sampling technique)
12. Pengertian, fungsi, dan contoh teori-teori pendukung
13. Teknik analisa data
14. Hasil analisa data
15. Teknik kalibrasi data
16. Penelitian pemasaran (marketing intellegent)
17. Penelitian keuangan
18. Penelitian SDM
19. Penelitian operasional
20. Penelitian pasar
21. Penelitian managemen
22. Penelitian teknologi
23. Penelitian sikap
24. Teknik penulisan laporan penelitian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar