Rabu, 28 April 2010

SILABUS PELATIHAN TEKIK SIPIL (CIVIL TRAINING COURSE SYLLABUS)

16. PROJECT MANAGEMENT - (MANAJEMEN PROYEK)

(durasi 5 hari, biaya investasi Rp. 5.950.000 per peserta)

Pelatihan Project Management ini ditujukan bagi mereka yang ingin meningkatkan pencapaian sasaran proyek yaitu tepat mutu, tepat waktu, dan tepat biaya dengan menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) yang optimal. Pelaksanaan konstruksi akan selalu rawan dengan kecelakaan kerja, maka penerapan SMK3 merupakan suatu hal yang tidak bisa ditawar-tawar lagi. Kompleksitas pengelolaan proyek meningkat manakala kita dihadapkan pada krisis yang berkepanjangan. Parameter yang biasa digunakan berubah. Pihak yang selama ini telah dapat bekerjasama dengan baik mungkin juga sudah berubah. Menyiasati perubahan ini manajemen proyek harus adaptif. Perencanaan dan pengendalian proyek ditingkatkan kualitasnya dengan lebih mahir menggunakan metoda penjadualan dan metoda pengendalian yang lebih baik. Pemahaman manajemen kontrak, peningkatan motivasi bekerja personil proyek, dan penetapan sasaran proyek yang tepat menjadi fokus perhatian utama manajemen proyek saat ini.

Materi :

1. Pengantar Manajemen Proyek : pengertian proyek, Sifat dan Karakteristik Proyek, Ukuran Proyek, Sektor, Program dan Proyek.

2. Project Goals & Strategy : dokumen identifikasi proyek, penetapan sasaran, filosofi desain.

3. Organisasi Proyek Konstruksi : Tradisional, Fast track (CM), Terpadu, Kombinasi.

4. Manajemen Proyek Konstruksi : pendahuluan, administrasi kontrak konstruksi (prinsip dalam penyusunan kontrak, dokumen kontrak.

5. Alternative pemilihan kontrak : pemilihan kontraktor, pengendalian biaya, lingkup pekerjaan, kontrak tradisional, design and construct, construction management / direct contract.

6. Percepatan Proyek dengan Metoda Abrahamson

7. Sistem Manajemen K3 (SMK3) dan Proyek Konstruksi: SMK3 dan Proyek Konstruksi, Penerapan SMK3 pada pelaksanaan proyek konstruksi

8. Perencanaan dan Penjadual Proyek Konstruksi : Ruang lingkup dan fungsi perencanaan, WBS, Identifikasi proyek, integrasi WBS-OBS.

9. Perencanaan dan Pengendalian Waktu Proyek : Barchart, CPM, PDM.

10. Perencanaan dan Pengendalian Biaya Proyek : Pengkodean, Monitoring & Pelaporan Proyek, Konsep C/SCSC, Perkiraan biaya, Analisa Biaya dan Penyusunan Anggaran.

11. Aplikasi Program Komputer : untuk Perencanaan dan Pengendalian Proyek.

Output :

1. Memahami karakteristik seorang manajer proyek yang unggul

2. Memahami strategi dan organisasi proyek konstruksi

3. Memahami Sistem Manajem Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3)

4. Memahami manajemen kontrak proyek konstruksi dan kaitannya dengan percepatan proyek

5. Memahami perencanaan, penjadwalan dan pengendalian biaya proyek konstruksi

6. Mampu menggunakan aplikasi program komputer dalam manajemen proyek konstruksi


17. CONTRACT MANAGEMENT - (MANAJEMEN KONTRAK)

(durasi 5 hari, biaya investasi Rp. 5.950.000 per peserta)

Pelatihan Contract Management ini ditujukan bagi para praktisi manajemen kontrak, site manager, construction manager, staf dan kepala biro hukum kontraktor dan mereka yang terlibat dalam pengendalian proyek konstruksi, untuk meningkatkan kompetensi dalam penyusunan kontrak dan pemanfaatan dokumen kontrak sebagai alat kendali keberhasilan proyek. Penguasaan manajemen kontrak menjadi sangat penting manakala perusahaan menghadapi situasi claim & dispute dan dokumen kontrak merupakan satu-satunya alat yang digunakan untuk menyelamatkan perusahaan dari kerugian yang tidak diinginkan.

Materi Pelatihan:

  • Kontrak, pengertian dan kebsahannya
  • Jenis-Jenis kontrak
  • Ketrampilan dalam perencanaan kontrak
  • Negosiasi Kontrak dan proses mediasi
  • Wanprestasi dan klaim dalam perancangan kontrak
  • Administrasi Kontrak
  • Workshop Perancangan Kontrak

Output pelatihan:

· Memahami pentingnya kontrak sebagai alat pengendali keberhasilan proyek

· Memahami cara penyusunan kontrak

· Mampu melakukan negosiasi kontrak dan mediasi apabila terjadi claim & dispute


18. PROJECT PLANNING AND SCHEDULING - (PERENCANAAN DAN PENJADUALAN PROYEK)

(durasi 4 hari, biaya investasi Rp. 5.950.000 per peserta)

Pelatihan Project Planning & Scheduling ini ditujukan bagi para perencana, pelaksana dan pengawas proyek yang sedang terlibat dalam perencanaan dan penjadwalan proyek. Penguasaan metoda-metoda perencanaan dan penjadwalan menjadi sangat penting untuk keberhasilan suatu proyek. Perencanaan proyek yang baik tentunya telah mempertimbangkan ketersediaan sumber daya dan kondisi lingkungan proyek sehingga lebih mudah untuk dikendalikan baik mutu, waktu, maupun biayanya. Penjadwalan proyek akan menentukan kapan suatu proyek investasi akan mendapatkan return.

Materi Pelatihan:

· Proses dan Prosedur Perencanaan

· Definisi ruang lingkup proyek dan Identifikasi kegiatan

· Alokasi tanggung jawab melalui integrasi WBS-OBS,

· Work Breakdown Structure (WBS)

· Organization Analysis Table Integration

· Penjadualan proyek menggunakan metoda CPM dan PERT

· Optimasi Project Crashing menggunakan Linear Programming

· Pengendalian Proyek dengan S/SCSC : Konsep Dasar Pengendalian proyek, Ruang lingkup pengendalian proyek, Siklus Pengendalian Proyek, Sistem Informasi Pengendalian Proyek. Konsep Cost/Schedule Control System Criteria (C/S CSC)

· Project Reporting.

· Workshop Program Komputer untuk Perencanaan dan Penjadwalan Proyek

Output pelatihan:

· Memahami pentingnya perencanaan dan penjadwalan proyek berdasarkan sasaran proyek yaitu tepat mutu, tepat waktu, dan tepat biaya.

· Memahami metoda-metoda perencanaan dan penjadwalan proyek

· Mampu memonitoring jadwal proyek dengan bantuan program komputer


19. PROJECT COST ESTIMATION

(durasi 5 hari, biaya investasi Rp. 5.950.000 per peserta)

Pelatihan Project Cost Estimation ini ditujukan bagi para cost estimator, perencana biaya, Quantity Surveyor, dan para praktisi manajemen proyek yang terlibat dalam proses penyusunan estimasi biaya proyek. Estimasi biaya proyek merupakan proses dasar dari industri konstruksi yang menjawab pertanyaan “Berapa banyak proyek tersebut diperkirakan memerlukan biaya?” Ketidakakuratan dari estimasi proyek akan menimbulkan efek yang mengganggu semua pihak yang terlibat dalam proyek tersebut. Karena proyek konstruksi membutuhkan waktu yang relatif lama pelaksanaannya, komitmen finansial harus didapatkan sebelum proses konstruksi, biasanya sudah didapat harganya sebelum proyek tersebut dilaksanakan pembangunannya.

Materi Pelatihan:

· Preliminary and Detail Estimate

· Accuracy of Cost Estimation

· Estimasi Dalam Proyek Konstruksi

· Bill of Quantity

· Productivity Estimating

· Resources Schedulling

· Create Project Cash Flow

· Bid Estimates

· Control Estimates

· Workshop Program Komputer untuk estimasi biaya

Output pelatihan:

· Memahami prosedur estimasi biaya

· Memiliki kompetensi dalam melakukan estimasi biaya proyek konstruksi

· Memahami penyusunan Bill of Quantity

· Memahami pengendalian estimasi biaya proyek


20. PROJECT RISK MANAGEMENT

(durasi 5 hari, biaya investasi Rp. 5.950.000 per peserta)

Pelatihan Project Risk Management ini ditujukan bagi para praktisi manajemen proyek, para perencana, pelaksana, pengawas dan pemelihara serta mereka yang terlibat atau berminat mendalami Manajemen Resiko suatu Proyek. Manajemen Risiko Proyek adalah bagian dari manajemen proyek yang memfokuskan pada pendekatan yang proaktif terhadap ancaman dan kesempatan yang didasarkan pada suatu pemahaman yang jelas melalui pendekatan kuantitatif dan kualitatif ke arah Manajemen Risiko. Ancaman dan kesempatan tersebut akan diuji keduanya menggunakan perspektif top-down dan delapan langkah manajemen resiko.

Materi Pelatihan:

· Teori Dasar Manajemen Risiko Proyek : Definisi dan Karakteristik Risiko; Elemen dan Faktor Risiko, Ketidakpastian, Besaran Risiko; Tipe Risiko; Komponen Manajemen Risiko (Identifikasi, Kuantifikasi, Pengembangan Respon, Pengendalian Respon).

· Perencanaan dan Identifikasi Manajemen Resiko : Perencanaan Manajemen Resiko; Identifikasi Resiko; dan Perangkat serta Teknik Melahirkan Gagasan Solusi.

· Landasan Kuantifikasi : Kemungkinan dan Dampak Risiko; Prosentase Risiko (Narrative, Qualitative, Quantitative); Analisis Probabilitas

· Analisis dan Prioritas Risiko : Menentukan Toleransi Risiko; Melakukan Analisis Risiko; Menetapkan dan mengevaluasi profitabilitas; Perangkat dan Teknik ; Expected-Value Analysis; Decision Trees; Prioritizing risks.

· Perencanaan Risiko : Risk Response Strategies for Opportunities and Threats; Risk Acceptance; Risk Avoidance; Risk Mitigation (Probability Minimization, Impact Minimization); Transference; Establishing Reserves.

· Respon terhadap Risiko : Risk Response Control; Execute Risk Strategies; Contingency Plans and Workarounds; Risk Evaluation; Reassessing Risk; Risk Documentation.

Output pelatihan:

· Memahami teori-teori manajemen resiko

· Memahami bagaimana mengantisipasi dan mengidentifikasi resiko

· Memahami bagaimana mengelola resiko proyek


21. ADVANCED PROJECT PLANNING AND CONTROLLING

(durasi 5 hari, biaya investasi Rp. 5.950.000 per peserta)

Pelatihan Advanced Project Planning & Controlling ini ditujukan bagi para perencana, pelaksana dan pengawas proyek yang sedang terlibat dalam pengendalian proyek. Penguasaan metoda-metoda pengendalian menjadi sangat penting untuk keberhasilan suatu proyek. Pengendalian proyek yang baik tentunya berdasarkan perencanaan proyek sehingga lebih mudah untuk dikendalikan baik mutu, waktu, maupun biayanya.

Materi Pelatihan:

· Konsep Dasar Pengendalian proyek

· Ruang lingkup pengendalian proyek

· Siklus Pengendalian Proyek

· Sistem Informasi Pengendalian Proyek

· Konsep Cost/Schedule Control System Criteria (C/S CSC)

· Project Controlling, Project Monitoring, Project Reporting.

· Workshop Program Komputer untuk Pengendalian Proyek

Output pelatihan:

· Memahami pentingnya pengendalian proyek yang efektif dan efisien

· Memahami metoda pengendalian proyek dengan konsep C/S CSC

· Mampu mengendalikan proyek dengan bantuan program komputer


22. CONSTRUCTION METHODS

(durasi 5 hari, biaya investasi Rp. 5.950.000 per peserta)

Pelatihan Construction Methods ini ditujukan bagi para praktisi, para perencana, pelaksana, pengawas dan pemelihara serta mereka yang terlibat atau berminat mendalami metode pelaksanaan konstruksi. Pencapaian efisiensi dan efektifitas suatu proyek ditentukan oleh metoda pelaksanaan konstruksi yang digunakan. Metoda pelaksanaan konstruksi berkaitan dengan bagaimana cara melaksanakan pekerjaan mulai dari awal hingga akhir. Tingkat kesulitan proyek akan menuntut penggunaan metoda pelaksanaan konstruksi yang semakin canggih.

Materi Pelatihan:

· Manajemen proyek konstruksi

· Penggunaan fleet dan Multi Activity Chart

· Field Inspection Check List

· Cyclone model (program komputer)

· Workshop Cyclone model untuk pekerjaan tanah dan Beton

· Metoda Up Down Structures untuk Pembangunan Gedung Bertingkat

Output pelatihan:

· Memahami berbagai metoda pelaksanaan konstruksi

· Memahami pemilihan metoda pelaksanaan yang efektif dan efisien

· Memahami penggunaan cyclone model untuk proyek terkait


23. HEAVY EQUIPMENT MAINTENANCE MANAGEMENT

(durasi 5 hari, biaya investasi Rp. 5.950.000 per peserta)

Pelatihan Heavy Equipment Management ini ditujukan bagi para personil proyek yang bertanggung jawab terhadap pengelolaan penggunaan peralatan berat sepert tower crane, excavator, dan lain-lain agar dapat meningkatkan produktivitas kerjanya. Pemahaman teknis setiap jenis alat berat yang digunakan, tingkat produktivitas yang dihasilkan, harga satuan pekerjaan, serta kesehatan dan keselamatan kerja merupakan hal-hal pokok yang mutlak dikuasai seorang penanggung jawab peralatan berat.

Materi Pelatihan:

· Dasar-dasar manajemen peralatan

· Pengadaan alat dan rental alat

· Produktivitas alat dan kombinasi alat

· Maintenance & Replacing

· Fast Moving Spare Part

· Replacement & Disposal

· Workshop Management

Output pelatihan:

· Memahami pengelolaan penggunaan alat berat

· Memahami produktivitas alat berat

· Memahami pemeliharaan alat berat


24. BUILDING MANAGEMENT

(durasi 4 hari, biaya investasi Rp. 4.950.000 per peserta)

Pelatihan Building Management ini ditujukan bagi Manager dan Staf Divisi Operasi khususnya Manager Pengelolaan Gedung, Asisten Manager Umum, Chief Of Engineering, Chief of House Keeping dan Chief of Customer Dervice, yang bertugas untuk menjalankan pengelolaan gedung secara efisien dan efektif dengan operating ratio (OR) yang optimal, baik yang menyangkut total building maintenance solution, building safety and health dan hal-hal yang berkaitan dengan administrasi dan aspek hukum.

Materi Pelatihan:

· Perkembangan terbaru dalam Building Management serta permasalahannya

· Aspek Hukum yang terkait dengan kepemilikan/sewa menyewa bangunan/ruangan, perizinan, dan pajak

· Housekeeping, Gardening dan Parking

· Security, Fire dan Safety

· Pengoperasian, Pemeliharaan Rutin dan Perbaikan Peralatan Standar Gedung

· Pemeliharaan Struktur /Arsitektur/Interior Gedung

Output pelatihan:

· Memahami pengelolaan gedung secara efektif dan efisien

· Memahami aspek hukum dan administratif dalam pengelolaan gedung

· Memahami pengoperasian/pemeliharaan/perbaikan peralatan gedung standar


25. CLAIM AND DISPUTE RESOLUTION

(durasi 3 hari, biaya investasi Rp. 3.950.000 per peserta)

Pelatihan Claim and Dispute Resolution ini ditujukan bagi praktisi manajemen proyek konstruksi yang sering melakukan komunikasi dan koordinasi dengan pihak-pihak terkait. Dalam kondisi krisis global saat ini di mana kelangkaan sumber daya menjadi kendala utama maka claim & dispute sangat mungkin terjadi. Kemampuan untuk mengajukan claim dan menyelesaikan sengketa menjadi sangat penting untuk menjaga ketepatan waktu penyelesaian proyek.

Materi Pelatihan:

· Jenis-jenis claim

· Claim berdasarkan perspektif owner

· Claim berdasarkan perspektif kontraktor

· Proses pengajuan claim

· Alternative dispute resolution (ADR)

Output pelatihan:

· Memahami proses claim & dispute pada proyek konstruksi

· Memahami berbagai alternatif penyelesaian sengketa

· Mampu melakukan evaluasi sehubungan dengan terjadinya claim & dispute


26. QUANTITY SURVEYOR

(durasi 4 hari, biaya investasi Rp. 4.950.000 per peserta)

Pelatihan Quantity Surveyor ini ditujukan bagi tenaga konsultan Quantity Surveyor (QS), QS kontraktor dan mereka yang sering terlibat sebagai konsultan biaya konstruksi atau melakukan fungsi pengendalian biaya proyek, yang bertugas mulai dari pra-tender (estimasi dan rencana biaya), tender (BOQ, seleksi dan evaluasi tender) dan post-tender (rencana cash flow, termin pembayaran, change order, claim). Peran QS sedemikian pentingnya dalam rangka efisiensi biaya proyek dari awal hingga akhir.

Materi Pelatihan:

· Peran QS pada proyek konstruksi

· Metoda-metoda estimasi untuk prakiraan biaya proyek

· Pemilihan jenis tender/procurement/jenis kontrak yang sesuai

· Bill of Quantities

· Pengukuran dan perhitungan volume pekerjaan dan termyn pembayaran

· Prosedur dan penanganan proses claim

Output pelatihan:

· Memahami peran QS dalam proyek konstruksi secara lebih mendalam

· Mampu mengelola biaya dan keuangan proyek secara efisien

· Mampu memilih jenis tender/procurement/jenis kontrak yang sesuai


27. TEKNIK RANCANG BANGUN

(durasi 5 hari, biaya investasi Rp. 5.950.000 per peserta)

Teknik Rancang Bangun adalah suatu kegiatan yang mempelajari aplikasi Teknik Sipil dengan menitik beratkan pada penguasaan komputer untuk menyelesaikan perencanaan dan pelaksanaan suatu proyek pembangunan. Program ini secara khusus mempelajari aplikasi Teknik Sipil dengan menitik beratkan pada penguasaan komputer untuk menyelesaikan perencanaan dan pelaksanaan suatu proyek yang meliputi : Penghitungan Konstruksi, Penghitungan Anggaran Biaya dan Penjadualan Proyek. Target pelatihan adalah peserta dapat mengaplikasikan dalam perencanaan proyek pembangunan Gedung, Tata Kota dan pekerjaan lainnya. Pelatihan ini dibimbing oleh para instruktur yang sangat berpengalaman dalam mengerjaan proyek-proyek konstruksi yang berskala nasional, sehingga akan menjadi moment yang sangat menarik untuk berdiskusi dan tukar pengalaman. Pusat Pelatihan MBT sebagai Training Provider yang telah berpengalaman sejak tahun 1987, menerapkan metode Andragogy (pelatihan untuk orang dewasa) sehingga pelaksanaan pelatihan menggunakan system 2 arah dimana peserta akan dilibatkan secara langsung dalam setiap sesi pelatihan.

Materi Pelatihan:

1. Penghitungan Konstruksi

* Simple Beam & Frame 2D
* Gable & Frame 3D
* Portal 2D & 3D
* Moving Load & Press Stress
* Dinamic Load

2. Perencana Anggaran Biaya

* Perhitungan Volume
* Tenaga Kerja
* Harga Bahan
* Kurva S

3. Penjadualan Proyek dengan Microsoft Project

* Diagram Network
* Pengendalian Proyek
* Biaya Proyek
* Optimasi Proyek

Output Pelatihan:

1. Memahami permasalahan-permasalahan dalam perhitungan konstruksi.

2. Memahami perencanaan anggaran biaya dalam pekerjaan konstruksi

3. Memahami teknik penjadwalan proyek dalam pekerjaan konstruksi

28. SOIL IMPROVEMENT

(durasi 5 hari, biaya investasi Rp. 5.950.000 per peserta)

Permasalahan tanah lunak, tanah gambut, dan tanah ekspansif di Indonesia telah dapat dikelola dengan rekayasa geoteknik. Berbagai metoda perbaikan tanah dapat menjadi pilihan disesuaikan dengan anggaran proyek yang tersedia atau yang direncanakan. Permasalahan yang umum dijumpai di lapangan adalah kurangnya pengetahuan dan wawasan unsur proyek, bagaimana menangani masalah perbaikan tanah yang memenuhi syarat kekuatan dan juga sesuai budget yang ada. Melalui pelatihan ini para peserta dilatih untuk melakukan perbaikan tanah (melalui berbagai studi kasus) dengan metoda dan teknik yang telah banyak digunakan di berbagai proyek di Indonesia maupun di mancanegara.

Materi Pelatihan:

1. Teknik Perbaikan Tanah dan Stabilisasi

2. Kriteria teknik perbaikan tanah : stabilisasi volume, kekuatan, permeabilitas, durabilitas.

3. Parameter yang digunakan dalam perbaikan tanah : atterberg limit, swelling pressure, activity, kepadatan tanah, unconfined compressive strength

4. Karakteristik Tanah Lunak, Tanah Ekspansif dan Stabilisasinya.

5. Mekanisme shringking dan swelling : shringking, swelling, tanah mengembang dan kondisinya, pengukuran swelling, prediksi swelling, cara-cara menanggulangi.

6. Modification by Admixture

7. Perilaku dan cara memperkirakan pemampatan tanah gambut

8. Perbaikan tanah dengan preloading (besaran pemampatan yang akan dihilangkan, daya dukung tanah, waktu yang tersedia, cara menentukan beban, cara meletakkan beban preloading).

9. Percepatan Konsolidasi Vertical Drain : Bahan untuk vertical drain, perbahan indeks properties tanah, dasar teoritis untuk desain, desain vertical drain, penggunaan prefabricated vertical drain (PVD).

10. Geosintesis, Geotextile dan Apliklasinya dalam Teknik Sipil

Output pelatihan:

1. Memahami berbagai macam karakteristik tanah lunak, kohesif, dan mengembang

2. Memahami berbagai teknik perbaikan tanah sesuai kondisi tanah dan budget yang dimiliki

3. Memahami bagaimana melakukan perbaikan tanah yang tepat melalui berbagai studi kasus aktual


29. QUALITY CONTROL OF CIVIL WORKS

(durasi 10 hari, biaya investasi Rp. 8.500.000 per peserta)

Pelatihan Quality Control of Civil Works ini ditujukan bagi para pelaksana, perencana dan pengawas pekerjaan sipil yang bertugas untuk mengendalikan jalannya proyek sehingga tepat waktu, tepat mutu dan tepat biaya dapat dicapai. Saat ini terdapat kecenderungan adanya gejala di mana pencapaian mutu hasil pembangunan (bangunan gedung, konstruksi jalan dan jembatan, serta bangunan irigasi) tidak konsisten dengan perencanaan teknis, di mana terlihat dari fenomena hasil pembangunan yang ternyata cepat rusak dan umur teknisnya ternyata lebih pendek dari umur rencana. Oleh karena itu, diperlukan suatu upaya untuk meningkatkan mutu hasil pembangunan yang sesuai dengan spesifikasi teknis dalam dokumen kontrak.

Materi Pelatihan:

1. Sikap dan Motivasi seorang Quality Control.

2. Manajemen Kendali Mutu.

3. Karakteristik tanah dan uji laboratorium untuk pekerjaan tanah dan pondasi.

4. Kontrol pekerjaan tanah dan pondasi.

5. Quality Control Pekerjaan Beton : tahapan pembetonan dan pengendalian mutu (pengendalian mutu sebelum, pengendalian mutu saat pelaksanaan, pengendalian mutu setelah pelaksanaan.

6. Evaluasi mutu beton.

7. Quality Control Pekerjaan Baja.

8. Pengendalian Mutu Bahan Jalan (Agregat dan Aspal).

9. Pengendalian Mutu Pekerjaan Jalan pada Pelaksanaan penghamparan, pemadatan dan finishing.

10. Praktek Lapangan

11. Praktek Laboratorium

Output pelatihan:

· Memahami pentingnya pengendalian mutu dalam suatu proyek

· Memahami bagaimana mengendalikan mutu pekerjaan sipil

· Memahami sikap dan tanggung jawab sebagai quality controller


30. FOUNDATION DESIGN & ANALYSIS WITH COMPUTER PROGRAM

(durasi 5 hari, biaya investasi Rp. 5.950.000 per peserta)

Pelatihan Foundation Design & Analysis with Computer Program ini ditujukan bagi perencana dan pelaksana pekerjaan pondasi baik pondasi dangkal maupun pondasi dalam. Perencanaan pondasi dengan menggunakan program komputer sangat berbeda dalam hal kecepatan dan akurasinya dengan perencanaan manual. Biasanya seorang perencana pondasi sangat pusing dengan banyaknya parameter, rumus-rumus, dan kontrol parameter. Melalui program komputer yang “user friendly” para perencana pondasi seperti menghadapi mesin pintar yang hanya minta input data kemudian seterusnya dia yang mengolahnya. Namun pepatah “garbage-in garbage-out” perlu diperhatikan, Kalau inputnya salah outputnya pasti kacau. Kalau yang bersangkutan tidak mengerti dikira benar maka akan sangat berbahaya.

Materi Pelatihan:

· Prinsip Umum Pondasi dan Permasalahan Pondasi Tiang dan Cara Penanggulangannya

· Parameter tanah dan perencanaan pondasi

· Perencanaan pondasi dangkal berdasarkan hasil uji sondir dan SPT

· Perencanaan Dinding Penahan Tanah dan Turap

· Slope Stability

· Pengendalian mutu pekerjaan pondasi dangkal

· Permasalahan Pondasi Tiang dan Cara Penanggulangannya

· Teori Dasar Daya Dukung Tiang dan Analisis pondasi tiang dengan Load Transfer

· Daya Dukung dan Penurunan Kelompok Tiang.

· Aplikasi Program Komputer untuk perencanaan pondasi

Output pelatihan:

· Memahami konsep dan prosedur perencanaan pondasi

· Memahami penggunaan software untuk perencanaan dan analis pondasi

· Memahami bagaimana menginterpretasikan hasil analisis pondasi


31. ADVANCED FOUNDATION DESIGN & ANALYSIS WITH COMPUTER PROGRAM

(durasi 5 hari, biaya investasi Rp. 5.950.000 per peserta)

Pelatihan Advanced Foundation Design and Analysis with Computer Program ini merupakan kelanjutan dari pelatihan Foundation Design and Analysis with Computer Programs. Pelatihan ini dimaksudkan sebagai upaya untuk memperdalam pengetahuan mengenai Pondasi dan memperkuat filosofi untuk perencanaan dan analisis Pondasi. Dalam pelatihan ini akan dibahas mengenai berbagai kegagalan pondasi tiang dan teknologi mengatasinya, permasalahan konstruksi pondasi tiang pada tanah lunak ditambah dengan perencanaan dan analisis Pondasi Mesin.

Materi Pelatihan:

· Kegagalan Pondasi Tiang dan Teknologi Mengatasinya

· Metode Konstruksi Pondasi Tiang

· Masalah Konstruksi Pondasi Tiang pada Tanah Lunak

· Perancangan Pondasi Tiang

· Load and Resistance Factor Design (LRFD)

· Pengantar Pondasi Dinamis / Pondasi Mesin

· Pengantar Teori Vibrasi

· Parameter Dinamik Tanah

· Analisis Pondasi Mesin Sistem Blok dan Tiang Bor

· Aplikasi Program Komputer

Output pelatihan:

· Memahami penyebab kegagalan pada pondasi tiang dan cara mengatasinya

· Memahami penggunaan LRFD

· Memahami perencanaan pondasi mesin

· Memahami penggunaan program komputer dalam analisi pondasi tiang


32. STRUCTURE DESIGN & ANALYSIS WITH COMPUTER PROGRAM

(durasi 5 hari, biaya investasi Rp. 5.950.000 per peserta)

Pelatihan Structure Design & Analysis with Computer Program ini ditujukan bagi para perencana, pengawas dan pelaksana pekerjaan struktur gedung dan industri. Perencanaan struktur dengan menggunakan program komputer saat ini telah menjadi suatu “standar” di kalangan ahli struktur. Demikian banyaknya parameter yang ada dalam perencanaan struktur membuat perencana struktur seringkali kehabisan waktu untuk menghitung secara manual. Oleh karena itu, pelatihan ini dirancang untuk memberdayakan para perencana struktur untuk terbiasa dengan berbagai program aplikasi struktur, mengetahui seluk beluk kelemahan dan kelebihan program komputer aplikasi tersebut, dan pemahaman secara filosofis proses perencanaan struktur (baik beton maupun baja).

Materi Pelatihan:

· Permasalahan dalam Perencanaan Struktur dengan perhitungan manual dan program komputer

· Perencanaan Struktur Beton (dengan program komputer dan manual) berdasarkan LRFD2

· Perencanaan Struktur Baja (dengan program komputer dan manual) berdasarkan LRFD2

· Perencanaan Struktur Komposit

· Perencanaan Bangunan Tahan Gempa

· Studi Kasus proyek-proyek terkait

Output pelatihan:

· Memahami konsep dan prosedur perencanaan struktur

· Memahami bagaimana merencanakan struktur (beton dan baja) yang tahan gempa

· Memahami penggunaan program komputer dalam perencanaan struktur

· Memahami bagaimana menganalisis struktur eksisting


33. ADVANCED STRUCTURE DESIGN & ANALYSIS WITH COMPUTER PROGRAM

(durasi 5 hari, biaya investasi Rp. 5.950.000 per peserta)

Pelatihan Advanced Structures Design and Analysis with Computer Program ini merupakan kelanjutan dari pelatihan Structures Design & Analysis with Computer Program dengan titik berat materi pada pendalaman teori mengenai perencanaan Struktur Baja, Struktur Beton serta Struktur Komposit. Perencanaan gedung tahan gempa di Indonesia sangat penting karena sebagian besar wilayahnya merupakan wilayah gempa dengan intensitas moderat hingga tinggi. Untuk itu dalam perencanaannya perlu dilakukan sebagai sistem struktur rangka pemikul momen menengah dan khusus dengan mengacu pada SNI 03-1726-2002. Pelatihan ini memberikan pengkayaan wawasan dan kemampuan ketrampilan dalam analisis struktur statik non-liniear dengan menggunakan pushover analysis atau analisa beban dorong.

Materi Pelatihan:

1. Dinamika Struktur

a. Single Degree of Freedom System - SDOF dengan getaran bebas

b. SDOF dengan gerakan harmonik

c. SDOF dengan gerak dipaksakan - metoda Duhamel Integration

d. Respon spektra

e. Multidegree of Freedom System

f. Analisis Struktur Riwayat Waktu

g. Analisis Struktur dengan Respon Spektra

2. Kegempaan (Seismicity) Menurut SNI 03-1726-2002

a. Rangka Pemikul Momen Biasa

b. Rangka Pemikul Momen Menengah

c. Rangka Pemikul Momen Khusus

d. Pushover Analysis (Analisa Beban Dorong)

3. Studi Kasus dengan menggunakan Program Komputer.

Output pelatihan:

· Memahami konsep dinamika struktur

· Memahami bagaimana menganalisis struktur dengan berbagai metoda

· Memahami bagaimana merencanakan struktur tahan gempa

· Memahami penggunaan program komputer untuk analisis struktur


34. ROAD DESIGN WITH COMPUTER PROGRAM

(durasi 6 hari, biaya investasi Rp. 6.950.000 per peserta)

Pelatihan Road Design with Computer Program ini ditujukan bagi perencana, pengawas dan pelaksana pekerjaan jalan yang sering terlibat dalam pekerjaan ke Binamargaan dan perencanaan jalan kawasan industri tertentu. Perencanaan jalan dengan program komputer sangat berbeda dengan perencanaan jalan secara manual. Perencanaan geometrik jalan dengan program komputer menghindari terjadinya human error seperti yang terjadi pada perencanaan geometrik dengan cara manual. Demikian pula halnya dengan perencanaan tebal perkerasan dengan program komputer. Kesulitan yang timbul pada perencanaan jalan adalah kurang terbiasanya para perencana kita dengan program komputer aplikasi jalan sehingga proses perencanaan suatu jalan dapat memakan waktu lama dengan biaya yang sangat mahal.

Materi Pelatihan:

· Permasalahan perencanaan jalan di Indonesia

· Perencanaan Geometrik Jalan Manual dan dengan program komputer

· Pemahaman dan penggunaan data hasil Soil Survey dan Soil Investigation

· Pemahaman Spesifikasi Material Bahan Jalan

· Perencanaan Tebal perkerasan (lentur dan kaku)

· Perencanaan Drainase Jalan

· Studi kasus proyek-proyek terkait

Output pelatihan:

· Memahami prosedur perencanaan jalan

· Memahami perencanaan geometrik jalan dengan program komputer

· Memahami perencanaan tebal perkerasan (lentur dan kaku)

· Memahami perencanaan drainase jalan


35. LABORATORY MANAGEMENT (GENERAL – CIVIL)

(durasi 5 hari, biaya investasi Rp. 5.950.000 per peserta)

Pelatihan Laboratory Management ini ditujukan bagi para para kepala laboratorium dan teknisi laboratorium serta mereka yang terlibat atau berminat mendalami manajemen laboratorium. Laboratorium teknik sipil sebagai sarana penelitian dan praktikum harus memiliki manajemen yang standar baik dari segi pengelolaan, sistem pemeliharaan, serta kalibrasi. Dengan menerapkan sistem manajemen laboratorium yang baku, diharapkan kinerja teknisi maupun kinerja peralatan akan maksimal. Dengan mengikuti pelatihan Laboratory Management para teknisi maupun penanggung jawab laboratorium dapat memahami bagaimana merencanakan anggaran baik untuk pemeliharaan maupun operasional peralatan laboratorium, bagaimana melakukan kalibrasi terhadap perlatan laboratorium, bagaimana melakukan sistem manajemen mutu laboratorium sesuai dengan kaidah PP No. 102 Tahun 2000 dan ISO/IEC 17025-2005.

Materi Pelatihan:

· Pengantar Umum Manajemen Laboratorium

· Sistem Standar Nasional dan PP No. 102 Tahun 2000

· Sistem Manajemen Mutu Laboratorium sesuai ISO/IEC 17025-2005

· Sistem Akreditasi dan Sertifikasi

· Sistim SNI melancarkan pasar

· Audit Internal sesuai ISO/IEC 17025-2005

· Pengukuran dan Kalibrasi

· Dokumenatasi Sistim Mutu

· Latihan Penyusunan Dokumen

Output pelatihan:

· Memahami prinsip pengelolaan laboratorium sesuai kaidah standar baku.

· Memahami sistem pemeliharaan/perawatan peralatan yang benar.

· Memahami prinsip-prinsip kalibrasi peralatan laboratorium.

· Meningkatkan mutu teknisi untuk menunjang optimalisasi pengajaran di laboratorium.


36. MAINTENANCE OF BUILDING

(durasi 5 hari, biaya investasi Rp. 5.950.000 per peserta)

Pelatihan Maintenance of Building ini ditujukan bagi para praktisi pemeliharaan gedung serta mereka yang terlibat atau berminat mendalami pekerjaan pemeliharaan gedung. Untuk dapat mempertahankan kinerja bangunan gedung, diperlukan suatu perencanaan pekerjaan pemeliharaan setiap elemen secara cermat dan tepat. Perencanaan pekerjaan pemeliharaan dapat meliputi penetapan jenis maupun periode waktu pelaksanaan pekerjaan pemeliharaan. Juga perlu ditetapkan standar kinerja yang akan menjadi acuan dan tolak ukur penilaian setiap elemen. Melalui pelatihan ini para peserta dilatih untuk memahami bagaimana melakukan pemeliharaan gedung secara efektif dan efisien.

Materi Pelatihan:

· Manajemen pemeliharaan Bangunan Gedung

· Pemeliharaan dinding, plafon, dan lain-lain.

· Audit Struktur dan perkuatannya

· Korosi serta penanggulangannya

· Pemeliharaan hidrant dan AC

· Pemeliharaan sistem plumbing

· Pemeliharaan lift dan eskalator

· Metode Non Destructive Test untuk pengujian struktur existing

Output pelatihan:

· Memahami jenis-jenis pekerjaan pemeliharaan (rutin, periodik, perbaikan, penggantian)

· Memahami bagaimana membuat perencanaan pekerjaan pemeliharaan

· Memahami pekerjaan pemeliharaan elemen bangunan

· Memahami tahapan audit struktur dan perkuatan struktur

· Memahami pemeliharaan hidrant, AC, plumbing, lift dan eskalator


37. MAINTENANCE OF HIGHWAY AND BRIDGE

(durasi 5 hari, biaya investasi Rp. 5.950.000 per peserta)

Pelatihan Maintenance of Highway and Bridge ini ditujukan bagi para praktisi pemeliharaan jalan dan jembatan serta mereka yang terlibat atau berminat mendalami pemeliharaan jalan dan jembatan. Konstruksi jalan dan jembatan akan mengalami penurunan kondisi sesuai dengan bertambahnya umur, sehingga suatu saat jalan dan jembatan tersebut akan mencapai suatu kondisi yang buruk di mana dapat mengganggu kenyamanan dan keselamatan para pengguna jalan dan jembatan. Untuk mempertahankan kondisi jalan dan jembatan tersebut pada tingkat yang layak, maka perlu dilakukan pemeliharaan rutin dan berkelanjutan.

Materi Pelatihan:

· Penilaian Kondisi Jalan Existing

· Pola Kerusakan Jalan dan Penanggulangannya

· Metode Pengujian Kondisi Jalan Existing

· Pelaksanaan berbagai jenis perkerasan untuk pekerjaan pemeliharaan jalan

· Penilaian kondisi jembatan existing

· Pola kerusakan jembatan dan penanggulangannya.

· Studi Kasus Pemeliharaan Jalan dan Jembatan di berbagai lokasi proyek

Output pelatihan:

· Memahami teknik-teknik survey penilaian kondisi jalan dan jembatan

· Memahami aspek-aspek yang diperhatikan dalam operasi pemeliharaan jalan dan jembatan

· Memahami teknik-teknik pemeliharaan jalan dan jembatan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar