Rabu, 24 Maret 2010

KWH Meter

KWH Meter





Pengukuran pemakaian energi listrik dengan KWH konvensional (mekanis) adalah dengan cara menghitung jumlah putaran piringan (disk), jumlah putaran sebanding dengan energi listrik yang digunakan. Pengukuran pemakaian energi listrik dengan KWH digital adalah dengan cara digitalisasi signal arus dan tegangan, dengan bantuan mikroprosesor sinyal-sinyal digital dikonversikan menjadi data watthour.
Pengukuran pemakaian energi listrik pada single-line dengan menggunakan KWH konvensional adalah dengan cara mendeteksi jumlah rotasi light aluminium disk dalam selang waktu tertentu. Rotasi disk disebabkankaraena terjadinya torsi sebagai reaksi eddy current pada permukaan disk dengan medan magnet kumparan (coil) tegangan torsi sebanding dengan medan magnet yang ditimbulkan oleh kumparan arus.
Pengukuran pemakaian energi listrik dengan menggunakan KWH elektronik adalah dengan cara mendeteksi besarnya sinyal arus dan tegangan line, energi listrik dihitung berdasar proses perkalian arus dan tegangan, sedangkan konsumsi energi listrik dihitung berdasarkan proses akumulasi energi listrik setiap selang waktu (sampling time). Arus dan tegangan bolak-balik dikonversi oleh tranducer RMS menjadi tegangan DC, tegangan DC dirubah menjadi bilangan biner oleh analog to digital converter. Energi listrik rata-rata dihitung dengan proses multiplikasi bilangan biner antara arus dan tegangan, kemudian konsumsi listrik didapatkan dari proses akumulasi energi listrik setiap satuan waktu (Ts)



1. Pengantar tentang Teknik Pengukuran besaran Listrik
2. Konsep pengukuran Arus, Tegangan, Cos Q, dan Frekuensi
3. Jenis-jenis KWH meter (analog dan Digital)
4. Kesalahan dalam pengukuran
5. Instalasi sistem pengkawatan KWH Meter
6. Manajemen dan efisiensi daya listrik
7. Pengukuran sistem telemetri
8. Operation dan Maintenance KWH Meter
9. Diskusi dan Studi Kasus



Pendekatan yang digunakan pada pelatihan ini meliputi class room presentation, games / simulasi, diskusi studi kasus individu dan kelompok .

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar