Kamis, 03 April 2014

BASIC GEOPHYSIC FOR OIL GAS INDUSTRY




Metoda geofisika merupakan salah satu metoda yang umum digunakan dalam eksplorasi endapan bahan galian. Metoda ini tergolong kepada metoda tidak langsung, dan sering digunakan pada tahapan eksplorasi pendahuluan (reconnaissance), mendahului kegiatan-kegiatan eksplorasi intensif lainnya. Geofisika adalah bagian dari ilmu bumi yang mempelajari bumi menggunakan kaidah atau prinsip-prinsip fisika. Di dalamnya termasuk juga meteorologi, elektrisitas atmosferis dan fisika ionosfer.
Penelitian geofisika untuk mengetahui kondisi di bawah permukaan bumi melibatkan pengukuran di atas permukaan bumi dari parameter-parameter fisika yang dimiliki oleh batuan di dalam bumi. Dari pengukuran ini dapat ditafsirkan bagaimana sifat-sifat dan kondisi di bawah permukaan bumi baik itu secara vertikal maupun horisontal.
Dalam skala yang berbeda, metode geofisika dapat diterapkan secara global yaitu untuk menentukan struktur bumi, secara lokal yaitu untuk eksplorasi mineral dan pertambangan termasuk minyak bumi dan dalam skala kecil yaitu untuk aplikasi geoteknik (penentuan pondasi bangunan dll).

Outline :
  1. Pengantar Geofisika Eksplorasi untuk Migas
  2. Dasar-Dasar Teori Perambatan Gelombang
  3. Survei pendahuluan (penentuan lintasan)
  4. Pemancangan (penandataan titik-titik ukur) dalam areal target
  5. Pengukuran lapangan
  6. Pembuatan peta-peta geofisika
  7. Penarikan garis-garis isoanomali
  8. Penggambaran profile
  9. Interpretasi anomali

Peserta :
Staff, Supervisor, dan Support Personal di lingkup pekerjaan Development and Exploration Geophysicists, Geologists and Geoscientists,  Seismic Interpretation.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar