Rabu, 16 April 2014

Training - Web GIS



Web GIS

Geographic Information System (GIS) merupakan sistem yang dirancang untuk bekerja dengan data yang tereferensi secara spasial atau koordinat-koordinat geografi. GIS memiliki kemampuan untuk melakukan pengolahan data dan melakukan operasi-operasi tertentu dengan menampilkan dan menganalisa data. Applikasi GIS saat ini tumbuh tidak hanya secara jumlah applikasi namun juga bertambah dari jenis keragaman applikasinya. Pengembangan applikasi GIS kedepannya mengarah kepada applikasi berbasis Web yang dikenal dengan Web GIS. Hal ini disebabkan karena pengembangan applikasi di lingkungan jaringan telah menunjukan potensi yang besar dalam kaitannya dengan geo informasi. Sebagai contoh adalah adanya peta online sebuah kota dimana pengguna dapat dengan mudah mencari lokasi yang diinginkan secara online melalui jaringan intranet/internet tanpa mengenal batas geografi penggunanya. Secara umum Sistem Informasi Geografis dikembangkan berdasarkan pada prinsip input/masukan data, managemen, analisis dan representasi data.
WebGIS merupakan aplikasi Geographic Information System (GIS) yang dapat diakses secara online melalui internet / web. Tujuan dari WebGIS ini : Mengembangkan peta digital berbasis WebGis untuk memudahkan pencarian data dan informasi tentang jaringan jalan, Fasilitas transportasi, aluran pematusan dan sarana prasarana pemadam kebakaran; Memutakhirkan data dan menyusun mekanismenya yang bisa diterapkan. Manfaat dari WebGIS  :  Tersedianya peta atau informasi yang berbasis WebGIS yang tersusun dengan baik, akurat, mudah dibaca, dan mudah dimengerti oleh awam sekalipun, baik berupa data maupun peta skematik; Mendukung perencanaan makro jaringan jalan, transportasi, sistem drainase, sarana dan prasarana pemadam kebakaran di Kota Surabaya, baik secara langsung maupun tidak langsung.
Banyak software yang dapat digunakan untuk membangun aplikasi WebGIS baik yang berbayar maupun yang gratis (Free Open Source GIS). Software WebGIS berbayar : ESRI ArcGIS Server, DEMIS, GeoMedia WebMap, MapInfo MapXtreme. Sedangkan yang Open source : SGeo Live 5.0, SAGA GIS, MS4W (MapServer For Windows), PostgreSQL, MapGuide Open Source, ALOV, GeoServer, MapBender, OpenLayer.
Keuntungan Menggunakan WebGIS : Bisa menjangkau pengguna yang luas bahkan seluruh dunia, dengan biaya yang cukup murah; Pengguna tidak perlu perangkat lunak khusus, cukup menggunakan internet browser seperti Internet Explorer, Mozilla Fire Fox, Google Chrome dan lain sebagainya; Bisa menyajikan peta interaktif seperti halnya menggunakan perangkat lunak GIS desktop; Tidak tergantung dari sistem operasi sehingga bisa dioperasikan pada semua komputer dengan berbagai sistem operasi ; Tidak memerlukan software dan tool khusus dalam pengoperasiannya karena pada dasarnya yang diperlukan hanyalah browser yang bisa didapatkan secara cuma-Cuma; Memiliki kemampuan operasi yang setara dengan user interface yang dikembangkan dengan tidak berbasis web;  Bilamana diperlukan sistem bisa dibuat online sehingga bisa diakses oleh semua pengguna yang memiliki akses internet.

Materi :
  1.  Dasar-dasar Web untuk Sistem Informasi Geografis
  2.  Tujuan dan Manfaat WebGIS
  3. Keuntungan Menggunakan WebGIS 
  4. Software untuk Pengembangan Web GIS (berbayar / open source)
  5. Website yang Menampilkan Web GIS : Situs Informasi Geografis Kehutanan, Direktorat Jendral Mineral Dan Batubara, Departemen Perhubungan,
  6. Penyusunan WebGIS : Desain dan data
  7. Arsitektur sebuah system Web GIS
  8. Databese Management System
  9. Graphical User Interface (GUI)
  10. Detail Proses
  11.  Administering WebGIS : Pengolahan fitur dan publikasi
  12. Contoh Pemanfaatan Web GIS



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar