Rabu, 16 April 2014

Spatial Database Management System (Sistem Manajemen Basis Data Spasial/SMBDS)



Spatial Database Management System (Sistem Manajemen Basis Data Spasial/SMBDS)

Basis data spasial adalah suatu basis data yang memiliki fitur untuk menyimpan fitur-fitur pada objek-objek ruang semesta, termasuk: titik, garis, dan poligon. Basis data spasial melingkupi tiga bidang ilmu, yaitu: basis data,  grafika dan citra, dan kecerdasan buatan. Pada  grafika dan  citra, output  yang dihasilkan adalah gambar,  sedangkan pada basis  data, output yang dihasilkan dari  basis data spasial ini  adalah suatu tipe data  baru yaitu geometri.
Basis data spasial merupakan kumpulan dari tipe data spasial, operator, indice, strategi pemrosesan dll.  Dapat bekerja pada bahasa pemrograman Java, Visual Basic dll. Basis data spasial yang khusus menyimpan data  geografis terdapat pada Geographic Information System(GIS).  Objek spasial mempunyai bentuk geometris, ukuran& lokasi (koordinat), serta berubah menurut waktu, contoh penggunaan tanah, dan wilayah penduduk.
Sistem Manajemen Basis Data Spasial (SMBDS) merupakan suatu perangkat lunak yang dapat bekerja seperti DBMS yang ada, mendukung model data spasial, tipedata abstrak spasial (ADT/Abstract Data Type) & bahasa queri yang dapat memanggil ADT, mendukung indeksing spasial, algoritma pemrosesan operasi spasial yang efisien, dan aturan domain yang khusus untuk optimasi queri, digunakan pada GIS ataupun aplikas ilainnya. Contoh: Oracle Spatial data cartridge, ESRI SDE : dapat bekerja dengan Oracle 8i DBMS, mempunyai tipe data spasial (mis. poligon), operasi (overlap) yang dapat dikerjakan dengan SQL3, dan mempunyai indeksing spasial, mis. R-trees

Materi Training
1.      Pengertian Data Spasial: Data Geografis
2.      Representasi Data Geografis
3.      Pengertian Basis Data Spasial
4.      Sistem Manajemen Basis  Data  Spasial
5.      Tipe Queri Spasial
6.      Bahasa Queri Spasial
7.      Contoh Queri Spasial
8.      Pengindeksan Data  Spasial
  1. Teknik manajemen spatial database skala enterprise/besar (Spatial Database Engine) dengan SQL Spatial atau PostGIS.
  2. Teknik instalasi spatial database
  3. Implementasi spatial database




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar