Insurance
in Coal Sale Purchase Agreement
Outline Training
Yang khusus dari Asuransi
pengangkutan batu bara adalah sifat dari batu bara (coal) yang dapat terbakar
sendiri (spontaneous combustion), moda pengangkutannya yang biasanya dengan
tongkang dan tug boat yang sangat rentan terhadap dua risiko utama yaitu shortage
dan washing overboard.
Institute Coal Clauses
Mengingat karakterisitik tersebut
diatas, Asuransi pengangkutan batu bara harus ditutup dengan kondisi khusus
yaitu dengan Institute Coal Clause
Institute Coal Clause menjamin
risiko-risiko sbb:
- Kebakaran atau ledakan, termasuk yang disebabkan oleh panas yang timbul sendiri, atau dari sifat barang tsb (spontaneous combustion)
- Kapal karam, kandas, tenggelam, atau terbalik
- Kapal tabrakan dengan benda lain (selain air)
- Pembongkaran muatan di pelabuhan darurat
- Gempabumi, letusan gunung berapi dan sambaran petir
- Pengorbanan “General Average”
- Pembuangan muatan ke laut atau tersapu ombak (jettison or washing over board)
- Masuknya air laut, danau atau sungai kedalam ruang muat atau container
- Kekurangan volume (shortage) – jaminan tambahan
Shortage vs Washing over board
Moda pengangkutan batu bara adalah
dengan tongkang dan tug boat, untuk shipment overseas biasanya dengan bulk
carrier, namun untuk mencapai bulk carrier atau mother vessel dari stock pile
atau jetty pun harus diangkut dengan tongkang dan tug boat, sehingga illustrasi
untuk pengangkutan batu bara meliputi.
Jetty/Port
of Loading Barges/Tug Boats Bulk Carrier Port of Destination
Moda transportasi dengan tongkang
dan tug boat dan juga tahapan pengangkutan seperti di atas sangat rentan
terhadap risiko shortage dan washing overboard baik karena cuaca buruk, ombak
besar maupun risiko laut normal sekalipun.
Oleh karenanya tahapan-tahapan
pengangkutan batu-bara umumnya dipersyaratkan survey oleh Independent Marine
Surveyor (IMS) dan potongan klaim (deductible) tertentu untuk risiko shortage
dan washing overboard
Coal vs Iron ore
Hal serupa dengan pengangkutan batu
bara (coal) adalah pengangkutan biji besi (iron ore), baik dari segi moda
transportasi dengan tongkang dan tug boat, tahapan pengangkutan, maupun dari
segi risiko shortage dan washing overboard
Harga Asuransi
Dalam Asuransi Marine Cargo, anda
dapat mengajukan harga Asuransi CIF+10%
- Cost, harga barang
- Insurance, asuransi
- Freight, ongkos angkut
- 10% laba yang diharapkan
Premi
Premi Asuransi Marine Cargo untuk
pengangkutan batu bara (coal) atau biji besi (iron ore) umumnya berkisar 0.15%
s/d 0.175%
Bagaimana mengasuransikannya :
Asuransi Marine Cargo dapat
dilakukan dengan Single Voyage atau Monthly Declaration (deklarasi bulanan)
Dengan melampirkan copy dokumen
berupa Bill of Lading, Invoice and Packing List
Outline Training
- Understanding types of insurance which are applicable in coal supply and marine contract
- Negotiating insurance clauses
- The use and role of insurance broker
- Inclaimable losses in coal supply and marine Contract
Tidak ada komentar:
Posting Komentar