Rabu, 05 Juni 2024

LESS WASTE EVENT

 LESS WASTE EVENT 

agus 0895-3590-24831

Less Waste Event adalah konsep manajemen pengelolaan sampah dalam sebuah kegiatan. Bisa berupa expo, pameran, seminar, workshop, hingga pasar malam atau sunmor.


Beberapa penyelenggaraan event sering disorot tentang pengelolaan sampahnya karena adanya sampah2 yang berceceran, hal ini bukan disebabkan karena kurangnya kesadaran masyarakat membuang sampah pada tempatnya, tapi juga karena fasilitas penampung/wadah sampah yang tidak memadahi, serta jarak antar wadah yang terlalu jauh. 

Mayoritas pengunjung tidak makan di tempat (take away), kemudian dibawa jalan2 atau berhenti di depan Panggung Kesenian, Wahana Permainan, atau dibawa keliling mengunjungi stand2. Sehingga pusat2 pengunjung membuang sampah ada di sekitar kerumunan2 atau jalur2 yang dilalui pengunjung.


Dalam membuat site plan perlu diperhatikan hal-hal berikut :

1) Membuat gambar tata letak (site plan) yang memperlihatkan lokasi wadah, area pelayanan, akses kendaraan angkutan sampah dan alur pemindahan sampah dari sumber ke TPS.

2) Membuat salinan untuk perusahaan-perusahaan yang bertanggung jawab menyediakan wadah dan staf dinas kebersihan atau relawan yang bertugas meletakkan wadah di lapangan acara. 

3) Memastikan setiap lokasi harus tersedia minimal dua tempat sampah, sampah yang dapat di daur ulang dan sampah lainnya.

4) Jarak tempat sampah (bin) yang satu dengan yang lainnya berjarak maksimal 20 m atau sesuai dengan target jumlah pengunjung.

5) Lokasi peletakan tempat sampah harus strategis yang mudah terlihat dan dicapai. 

6) Menugaskan beberapa petugas kebersihan yang telah diedukasi untuk mengawasi tempat sampah dan memberikan arahan kepada pengunjung untuk memilah 

sampahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar