Rabu, 05 Juni 2024

LOSIDA

 LOSIDA = Lodong Sisa Dapur

agus 0895-3590-24831

Instalasi sederhana pengolah sampah dapur, bisa diletakkan di depan rumah, sekaligus sebagai media edukasi kepada warga sekitar.

Ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk memanfaatkan sampah organik di rumah tangga. Salah satunya adalah dengan membuat komposter sederhana dari sisa makanan bernama "Losida" alias Lodong Sisa Dapur.

Losida adalah singkatan dari Lodong Sisa Dapur atau pipa sisa dapur. Pipa menjadi wadah menampung sampah organik yang berada di setiap rumah. Nantinya, sampah tersebut diolah menjadi menjadi pupuk dan sebagainya.

Losida adalah cara termudah yang bisa dilakukan oleh warga untuk mengurangi sampah dari sumbernya. Sederhananya cukup menanam sebuah pipa di tanah, kemudian sampah dimasukkan ke dalamnya seperti biopori, maka dengan bantuan cacing dan bakteri, sampah organik otomatis akan menjadi kompos.

LOSIDA adalah pengembangan dari biopori, sebagai inovasi yg sangat sederhana, diharapkan bisa menjadi alternatif pengelolaan sampah mandiri, berbasis dari sumbernya di rumah tangga.

Intinya apapun metode melakukan pemanfataan sampah. Terpenting belajar untuk mandiri mengelola sampah mulai dari sumbernya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar