Rabu, 05 Juni 2024

SISTEM ADMINISTRASI BANK SAMPAH

 SISTEM ADMINISTRASI BANK SAMPAH 

agus 0895-3590-24831

Bank Sampah merupakan konsep pengumpulan sampah kering dan dipilah serta memiliki manajemen layaknya perbankan tapi yang ditabung bukan uang melainkan sampah. Warga yang menabung yang juga disebut nasabah memiliki buku tabungan dan dapat diambil di saat dibutuhkan.


Tujuan utama pendirian bank sampah adalah untuk membantu menangani pengolahan sampah dan edukasi untuk menyadarkan masyarakat akan lingkungan yang sehat, rapi, dan bersih.


Adanya bank sampah ini bertujuan untuk mereduksi sampah yang dihasilkan oleh masyarakat dalam mata rantai siklus sampah anorganik dan sampah yang disetorkan merupakan sampah yang masih memiliki nilai ekonomis sebagai bahan baku pada industri daur ulang sampah.


Maka pengelola bank sampah harus memiliki buku administrasi yang lengkap. Administrasi pembukuan yang baik dapat membantu mengoptimalkan pengelolaan sumber daya dari sampah, dan diharapkan bank sampah dapat beroperasi dengan lebih efisien, untuk memberikan kontribusi yang lebih besar dalam menjaga lingkungan.

Manajemen bank sampah meliputi : struktur organisasi, susunan pengurus, legalitas, AD/ART (optional), tata tertib anggota, peraturan pengelolaan, jadwal penabungan, kontrak kerjasama penjualan, status kepemilikan tempat, dan bank sampah binaan.

Kebutuhan fisik : papan nama, timbangan, meja kursi pelayanan, komputer/laptop, alat transport, gudang.

Buku Administrasi/pembukuan: form pendaftaran anggota, buku daftar anggota, laporan setoran anggota, laporan jasa penjemputan, laporan penjualan, buku tabungan anggota, buku kas umum, buku kas pembantu, notulen rapat pengurus, notulen musyawarah anggota, presensi rapat pengurus, presensi kegiatan dan musyawarah anggota, buku tamu, buku laporan inventaris

Tidak ada komentar:

Posting Komentar