Rabu, 05 Juni 2024

PENGELOLAAN SAMPAH DI HOTEL

 PENGELOLAAN SAMPAH DI HOTEL

agus 0895-3590-24831

Kawasan Candi Borobudur banyak terdapat hotel dan penginapan. Pelayanan prima dalam pengelolaan hotel, termasuk di dalamnya adalah bagaimana mengelola sampahnya. Sebelumnya, saya coba untuk berkomunikasi dg DLH dan salah satu pengurus PHRI, bahwa belum ada Juknis yang khusus membahas tentang Pengelolaan Sampah Di Hotel ini. Maka saya menggunakan 2 pendekatan, yaitu : untuk manajemen menggunakan konsep 5S/5R, mulai dari staffing, kick off, general inspection, hingga audit dan evaluasinya, sedangkan untuk pengelolaan menggunakan konsep house keeping.

Program pengelolaan sampah di hotel meliputi : program pengurangan sampah (waste reduction), menggunakan barang yang nasih dapat digunakan kembali untuk fungsi yg sama atau fungsi lainnya (reuse), mengolah kembali atau daur ulang sampah menjadi barang atau produk baru yang bermanfaat (recycle/upcycle), pemisahan sampah (waste separation), dan pengomposan (composting).

Sedangkan untuk perwadahan, gunakan peraturan di Permenkes 80/1990.

10 B dalam pengelolaan sampah di hotel: Sing Buda (Benda asing, debu, noda), Sam Murga (sampah, jamur, serangga), Rusteri Bausing (Virus, Bakteri, Bau, Bising)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar