Jumat, 11 Desember 2015

Boiler Operation & Maintenance



Boiler Operation & Maintenance

ABSTRACK
Boiler dalam bidang industri banyak dijumpai pemanfaatannya baik untuk pemanas, pengering, pengawet proses, maupun pembangkit energi. Boiler merupakan mesin konversi energi berfungsi mengubah energi kimia bahan bakar menjadi energi uap atau bejana tertutup dimana panas pembakaran dialirkan ke air sampai terbentuk air panas (uap). Air panas pada tekanan tertentu kemudian digunakan untuk mengalirkan panas ke suatu proses.
Dengan memperhatikan pemanfaatan boiler di industri, maka boiler harus selalu dijaga terjadinya penurunan fungsi secara serius hingga rusak, yang dapat mengakibatkan kerugian perusahaan. Kondisi ini tidak dapat dicapai bila tidak didukung tenaga teknis yang kompeten.
Untuk mendapatkan tenaga teknis yang kompeten, perlu adanya pemahaman yang komprehensif tentang prosedur, aspek yang fundamental dan teknis yang terkait dengan operasi dan pemeliharaan boiler. Kemampuan tersebut juga dapat membantu perusahaan mereduksi terjadinya down time dan dapat meningkatkan keuntungan baik dari segi produksi maupun dari umur mesin yang lebih panjang.

OUTLINE
1.                   Pinsip kerja boiler
2.                   Komponen boiler dan alat pengaman : Proses penguapan air ; Bahan bakar ; Proses pembakaran ; Sistem bahan bakar ; Sistem udara dan gas asap (flue gas) ; Sistem tarikan api (draft system) ; Sistem air dan uap ; Sistem alat pengaman dan regulasi
3.                   Cara mengoperasikan Boiler
4.                   Performansi/Kinerja Boiler
5.                   Konstruksi dan pengetahuan bahan Boiler
6.                   Perpindahan panas pada Boiler
7.                   Analisis kerusakan Boiler
8.                   Peledakan pada Boiler
9.                   Inspeksi Boiler
10.               Perawatan Boiler

PARTICIPANT
Mechanical, Construction Engineer, Operators, Technicians, Maintenance Personnel who involved in installation, testing, and maintenance of boiler

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar