Kamis, 17 Januari 2013

Pemantauan Kebisingan: Praktek, Perhitungan dan Pengelolaan



Pemantauan Kebisingan: Praktek, Perhitungan dan Pengelolaan

Pemantauan lingkungan merupakan suatu kegiatan yang terdiri dari pengambilan sampel, pengukuran, dan analisis. Hasilnya menunjukkan kinerja lingkungan suatu perusahaan dan status pemenuhan baku mutu. Salah satu jenis pemantauan yang bertujuan untuk mengukur tingkat gangguan adalah pemantauan kebisingan.

Pemantauan kebisingan dilakukan dalam rangka pengelolaan kebisingan lingkungan maupun di dalam ruang. Kedua objek pemantauan tersebut memiliki jangka waktu pemantauan dan cara analisis yang berbeda. Hasil pemantauan kebisingan lingkungan digunakan untuk mengukur tingkat gangguan kebisingan di lingkungan penerima. Sedangkan hasil pemantauan kebisingan tempat kerja untuk menentukan pemakaian APD pendengaran dan membandingkan dengan baku mutu. Selain itu pemantauan kebisingan di tempat kerja juga diterapkan dalam rangka pemetaan paparan kebisingan dari suatu sumber bising. Hal ini digunakan sebagai dasar pengendalian kebisingan.

Implementasi pemantauan kebisingan memerlukan pemahaman tata cara pengukuran pada alat dan perhitungan hasil pembacaan alat. Oleh karena itu dibutuhkan pemenuhan kompetensi di bidang ini baik sebagai operator pemantauan maupun pengelola lingkungan khususnya kebisingan. Setelah mendapatkan hasil pemantauan, diperlukan juga pemahaman mengenai tindak lanjut berupa pengelolaan kebisingan sehingga tidak mengganggu lingkungan maupun tempat kerja..
MATERI PELATIHAN
  1. Peraturan Terkait Kebisingan
  2. Dasar-dasar Kebisingan
  3. Pengertian Dasar Bunyi, Akuistik dan Kebisingan
  4. Pemantauan dan Analisis Kebisingan Lingkungan
  5. Pemantauan Kebisingan Tempat Kerja
  6. Pengelolaan dan Pengendalian Kebisingan Lingkungan
  7. Sampling Kebisingan dan analisa/perhitungan Hasil Pemantauan

Peserta :
Karyawan/staff hingga level Manager dari latar belakang Safety & Health Environment/Lingkungan Perusahaan, Process Engineer, Chemical Dept.,  Operator pengolahan limbah, dan semua bagian yang terlibat dalam pengolahan limbah dan pemerhati ataupun praktisi yang peduli terhadap lingkungan.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar