Becoming Professional
Kinerja organisasi juga tergantung dari
kinerja staf-nya. Kurang dapatnya seseorang bekerja sama yang bisa
disebabkan karena emosi yang tidak stabil, atau kemampuan komunikasi yang
terbatas merupakan ciri-ciri kurangnya staf tersebut mengembangkan sikap
profesional.
Sikap dasar profesional merupakan gabungan
antara pemahaman mengenai organisasi, pengenalan dan penetapan sasaran diri,
serta pengembangan sikap kerja yang positif yang perlu ditumbuhkan pada setiap
orang di dalam organisasi.
Berada di dalam organisasi membutuhkan
pemahaman mengenai aturan dan cara bekerja organisasi. Dengan bekal
pemahaman itu-lah seorang anggota organisasi dapat menjalankan perannya dengan
efektif. Pelatihan ini dimulai dengan mengembangkan pemahaman akan hal
tersebut.
Pada tahap selanjutnya pemahaman mengenai
organisasi, tujuannya dan peran yang dapat dilakukannya tersebut perlu
diintegrasikan dengan pengenalan akan goal karirnya sehingga dapat menimbulkan
sikap kerja yang positif dan optimal. Pelatihan ini berupaya untuk
memberikan pencetus awal akan proses tersebut, terutama untuk mengembangkan
sebuah jati diri dan sikap seorang profesional.
Pelatihan akan ditutup dengan tool basic yang
perlu dimiliki seorang profesional, yang berupa kemampuan untuk mengembangkan
kepercayaan diri, mengelola emosi serta berkomuniasi secara singkat, padat dan
reasonable.
Outline :
Aspek Organisasi
- Pengenalan organisasi
- Struktur, Fungsi, Job Desc, Tanggung Jawab, Sasaran dan Peran
Manajemen Karir
- Pengenalan diri (MBTI)
- Perencanaan hidup dan karir
- Mengembangkan mind set untuk sukses
- Learned optimism
Sikap Profesional
- Mengenal 4 sikap kerja: trading, relasi sosial, personal development, spiritual
- Menyeimbangkan persaingan dan kerja sama; kepentingan diri, tim dan organisasi
- Sikap positif dalam relasi dengan tim kerja
- Ciri profesionalisme
- Mengembangkan sikap dan kebiasaan profesional
Basic tools for Profesional
- Kematangan emosi
- Percaya Diri dan Inisiatif
- Reasonable dan Komunikasi Efektif
- Followership (mengelola hubungan dengan Atasan) dan Team Work.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar