Practical Assertive Communication
Kesuksesan
dan kegagalan seorang professional bila diikuti lebih runut adalah kepiawaian
atau pun kegagalan individu tersebut dalam berkomunikasi. Komunikasi adalah
infrastruktur bagi seseorang untuk menyampaikan buah pikiran, bantahan ataupun
dukungan kepada para stakeholders. Kemampuan seseorang dalam bidang tertentu
wajib diikuti oleh kemampuan berkomunikasi yang baik dan memadai agar keahlian
individu tadi dapat dirasakan dimanfaatkan orang lain dan terutama juga
termasuk alat yang memegang peranan penting dalam perkembangan karir seseorang.
Kegagalan
sebuah interaksi banyak dipengaruhi oleh kemampuan pihak-pihak dalam bidang
komunikasi. Solusi yang produktif baru akan tercapai bila pihak-pihak yang
terlibat menggunakan kiat-kiat berkomunikasi efektif sehingga pembicaraan
bermakna dan akurat
Berkomunikasi
dengan asertif akan sangat meningkatkan efektivitas dan dan dapat diharapkan
berdampak positif terhadap hasil komunikasi itu sendiri. Diperlukan ketrampilan
khusus agar seseorang terbiasa melakukan komunikasi asertif pada saat yang
tepat. Untuk ini pula dibutuhkan kemampuan menyimak/ mendengar aktif yang
mencukupi sebagai bagian dari komunikasi asertif
Outline :
- Memahami ketrampilan mengirim dan menerima pesan
- Ketrampilan berkomunikasi yang komunikatif
- Manfaat ketrampilan berkomunikasi asertif
- Melatih penggunaan teknik komunikasi asertif
- Melatih cara menyampaikan bahasa verbal dan non verbal yang sesuai
- Ketrampilan mendengar empatik/ menyimak
- Ketrampilan berkomunikasi efektif dengan atasan
- Ketrampilan memberikan instruksi dan umpan balik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar