Lobbying & Negotiation Skills For
Managers
Salah satu
tugas penting manajer adalah mencapai kesepakatan dengan berbagai pemegang
kepentingan (stake holder) yang terkait dengannya, khususnya pihak2 di luar
organisasi. Baik dalam kaitan dengan penjualan, perijinan ataupun
kesepakatan2 bisnis lainnya.
Untuk dapat
mengoptimalkan posisi Perusahaan di dalam transaksi tersebut, maka tidak cukup
seorang manajer hanya mempersiapkan diri di dalam proses formal nya
(negosiasi), ia juga perlu menguasai prinsip2 dan ketrampilan dalam melakukan
lobbying. Sehingga proses transaksi dapat diarahkan se awal mungkin.
Workshop ini
memberian wawasan, prinsip2 dasar dan ketrampilan utama dalam melakukan lobi
dan negosiasi. Walaupun materi yang diberikan cukup padat, namun tetap
disediakan cukup kesempatan untuk role playing agar peserta dapat merasakan
aplikasi dari berbagai konsep yang didiskusikan.
Sasaran :
- Peserta paham prinsip-prinsip lobbying negosiasi yang saling menguntungkan bagi pihak-pihak yang terlibat
- Peserta menguasai dan mampu mengembangkan teknik-teknik negosiasi secara efektif.
- Peserta mampu menggunakan prinsip komunikasi yang tepat dalam bernegosiasi.
Outline :
1.
LOBBYING NEGOSIASI DALAM BISNIS
- Masalah dan tantangan dalam lobbyingh negosiasi
- Kompetisi vs integrasi
- Tiga unsur pokok negosiasi
2. PERSIAPAN
LOBBYING NEGOSIASI
- Kriteria sukses lobby negosiasi
- Identifikasi kekuatan dan kelemahan
- Aspek budaya
3. ASPEK
KOMUNIKASI
- Mendengarkan aktif dalam lobbying negosiasi
- Mengatasi hambatan komunikasi dalam lobby negosiasi
4.
TEKNIK NEGOSIASI
- Lima strategi pokok
- Sepuluh teknik dasar
- Teknik konsesi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar