Handling Customer Complaint
Memahami
Kepuasan Pelanggan (Customer Satisfaction) memiliki arti penting terhadap
perkembangan perusahaan. Oleh karena itu untuk sadar akan perannya
sebagai ujung tombak perusahaan sangatlah diperlukan sehingga dapat lebih
bertanggung jawab terhadap peningkatan mutu pelayanan.
Untuk itu,
para front-liners ataupun mereka yang berperan sebagai ujung tombak untuk
berinteraksi langsung dengan pelanggan, memerlukan keterampilan dalam
menerapkan tehnik-tehnik interaksi dan komunikasi efektif dalam proses memberi
pelayanan kepada pelanggan, termasuk tehnik menangani keluhan (Customer
Complaint)
Outline :
- Menelusuri Data Statistik tentang kepuasan pelanggan
- Pengertian dari kata “Customer” (Pelanggan)
- Bagaimana membentuk paradigma “melayani”
- Pengertian Kepuasan Pelanggan (Customer Satisfaction)
- Pengertian Harapan Pelanggan (Customer Expectations)
- Hal-hal mendasar yang menjadi harapan pelanggan
- Bukan “Company Driven” tapi “Customers Driven”
- Pemanfaatan Sumber Daya dalam memberi kepuasan kepada pelanggan
- Hubungan antara Organisasi, System, Sarana serta Faktor Manusia terhadap mutu pelayanan
- Contoh kombinasi aspek System dan aspek Sarana dalam proses memberi pelayanan
- Contoh kombinasi aspek Sytem dan aspek Manusia dalam proses memberi pelayanan
- Proses merancang Organisasi dan System Kerja dalam memenuhi Harapan Pelanggan
- Proses menyiapkan Manusia dan Sarana Kerja dalam memenuhi Harapan Pelanggan
- Peran faktor Manusia dalam proses Interaksi Komunkasi
- Prinsip Dasar Komunikasi Efektif
- Mengenal Sifat Dasar Manusia dalam berkomuniasi,sebagai dasar dalam memberi pelayanan
- Pengertian “Personalized Service”
- Peran aspek Manusia dalam mengantisipasi ketidakpuasan dan keluhan (complaint)
- Pengertian “Moment Of Truth” dan hubungannya dengan : Mouth To Mouth Promotion”
- Harapan pelanggan terhadap aspek Manusia dalam memberi pelayanan
- Bagaimana harus bersikap dalam memberi pelayanana kepada pelanggan
- Contoh kalimat yang digunakan dalam memberi pelayanan kepada pelanggan
- Data statistik tentang mengapa pelanggan lari
- Penggunaan “LAER Process” dalam menangani complaint
- Pengertian “Mendengar Aktif”
- Tehnik menyatakan sikap “Empathy” terhadap kekecewaan pelanggan
- Mengenal Jenis Pertanyaan serta tehnik Megajukan Pertanyaan dalam menggali akar masalah
- Bagaimana melakukan respons dengan saran jalan keluar yang memuaskan pelanggan
- Tindak lanjut dan Cek Pelaksanaan sebagai kunci keberhasilan ‘Handling Complaint”
Agenda
Program :
-
Pendahuluan
(latar belakang sasaran program)
-
Menelusuri
Data Statistik tentang kepuasan pelanggan
-
Pengertian
dari kata “Customer” (Pelanggan)
-
Bagaimana
membentuk paradigma “melayani”
-
Latihan 1 : Membuat
daftar jenis pelanggan serta jenis pelayanan yang diberikan
-
Pengertian
Kepuasan Pelanggan (Customer Satisfaction)
-
Pengertian
Harapan Pelanggan (Customer Expectations)
-
Hal-hal
mendasar yang menjadi harapan pelanggan
-
Bukan
sekedar memenuhi harapan, tapi melampaui harapan (pelayanan ekstra)
-
Bukan
“Company Driven” tapi “Customers Driven”
-
Latihan 2 : Hal-hal yg
menjadi harapan Pelanggan anda, dan apa yg telah dilakukan untuk
memenuhinya
-
Sumber daya
yang diperlukan dalam memberi kepuasan kepada pelanggan
-
Hubungan
antara Organisasi dan Kebijakan Perusahaan terhadap mutu pelayanan
-
Peran System
Kerja dalam memberi kemudahan kepada pelanggan
-
Hubungan
antara dan Sarana Kerja dan Kepuasan Pelanggan
-
Peran Faktor
Manusia sebagai pemberi pelayanan dalam memenuhi Harapan Pelanggan
-
Latihan 3 :
Identifikasi: Kebijakan, System, Sarana, dan Mutu Manusia, yg perlu
dikembangkan di tempat anda
-
Contoh
kombinasi aspek System dan aspek Sarana dalam proses memberi pelayanan
-
Contoh
kombinasi aspek Sytem dan aspek Manusia dalam proses memberi pelayanan
-
Proses
merancang Organisasi dan System Kerja dalam memenuhi Harapan Pelanggan
-
Proses
menyiapkan Manusia dan Sarana Kerja dalam memenuhi Harapan Pelanggan
-
Latihan 4 : Rancang Organisasi, System, serta faktor manusia dan Sarana yg
diperlukan (Lihat Latihan 3)
-
Peran faktor
Manusia dalam proses Interaksi Komunkasi
-
Prinsip
Dasar Komunikasi Efektif
-
Mengenal
Sifat Dasar Manusia dalam berkomuniasi,sebagai dasar dalam memberi
pelayanan
-
Pengertian
“Personalized Service”
-
Peran aspek
Manusia dalam mengantisipasi ketidakpuasan dan keluhan (complaint)
-
Pengertian
“Moment Of Truth” dan hubungannya dengan : Mouth To Mouth Promotion”
-
Harapan
pelanggan terhadap aspek Manusia dalam memberi pelayanan
-
Bagaimana
harus bersikap dalam memberi pelayanana kepada pelanggan
-
Contoh
kalimat yang digunalkan dalam memberi pelayanan kepada pelanggan
-
Mengapa
pelanggan menyampaikan ketidakpuasannya (complaint)
-
Data
statistik tentang mengapa pelanggan lari
-
Latihan 5 : Membuat Jenis ketidakpuasan (keluhan/complaint) pelanggan
terhadap Perusahaan anda
-
Penggunaan
“LAER Process” dalam menangani complaint
-
Pengertian
“Mendengar Aktif”
-
Tehnik
menyatakan sikap “Empathy” terhadap kekecewaan pelanggan
-
Mengenal
Jenis Pertanyaan serta tehnik Megajukan Pertanyaan dalam menggali akar
masalah
-
Bagaimana
melakukan respons dengan saran jalan keluar yang memuaskan pelanggan
-
Tidak lanjut
dan Cek Pelaksanaan sebagai kunci keberhasilan ‘Handling Complaint”
-
Latihan 6 : -
Sepasang peserta menyiapkan Rencana Handling Complaint
-
Kemudian
Role Play di depan kelas, satu sebagai Pelanggan, dan satu sebagai Petugas
-
Peran
masing-masing kemudian dibalik. Yg pelanggan menjadi Petugas dan sebaliknya
-
Peserta lain
melakukan evaluasi dengan menggunakan form evaluasi terlampir
Tidak ada komentar:
Posting Komentar