Jumat, 15 Februari 2013

HR Based ISO 9001:2000



HR Based ISO

Kedudukan pengelolaan sumber daya manusia (SDM) pada ISO 9001:2000 sangat penting. Terbukti dengan makin luasnya jangkauan pengaturan pengelolaan sumber daya manusia pada ISO 9001: 2000 dibandingkan dengan ISO 9000: 1994. Pada  ISO 9000: 1994 pengelolaan SDM hanya sebatas kegiatan pelatihan saja, bandingkan pada ISO 9001: 2000 yang meliputi kompetensi, kepedulian dan pelatihan. Ada alasan yang sangat kuat mengapa pengelolaan SDM pada ISO 9001: 2000 diperluas. 
Melalui workshop ini peserta akan diberika pemahaman bagaimana mengelola SDM berkaitan dengan pelaksanaan ISO 9001: 2000  baik di industri manufacture maupun industri jasa? Bagaimana cara mempersiapkan, dan meng-update pelaksanaan pengelolaan SDM.
Pelatihan terbagi atas 2 bagian besar: Bagian pertama berkaitan dengan Sistem Manajemen ISO 9001: 2000. Bagian kedua berkaitan dengan aktifitas pengelolaan SDM mengacu pada Sistem Manajemen Mutu ISO 9001: 2000.
Pelatihan ini sangat penting bagi HRD Manager,  ISO 9001:2000 Team, Internal Auditor.
Outline :
  1. Latar belakang evolusi ISO 9000: 1994 menjadi ISO 9001: 2000.
    • Alasan Evolusi.
    • Perubahan-perubahan yang esensial.
  2. Delapan prinsip manajemen mutu.
  3. Siklus ISO 9001: 2000
  4. Struktur dan kedudukan pengelolaan SDM pada standar ISO 9001: 2000.
  5. Kompetensi, Pelatihan dan Kepedulian karyawan pada standar ISO 9001: 2001
  6. Sasaran mutu SDM.
  7. Sistem hirarki dokumentasi pengelolaan SDM.
  8. Pengantar kompetensi.
  9. Jenis jenis kompetensi
  10. Bagaimana membuat kompetensi berdasarkan pada siklus PDCA.
  11. Contoh-contoh bentuk kompetensi.
  12. Kepedulian karyawan.
  13. Bagaimana  menset-up dan meningkatkan kepedulian karyawan mengacu pada siklus PDCA.
  14. Pelatihan.
  15. Bagaimana  menset-up dan melaksanakana serta mengevaluasi pelatihan bagi karyawan mengacu pada siklus PDCA.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar