Comprehensive People Management Training
Mengelola
orang biasanya merupakan salah satu tantangan terbesar dari seorang Pemimpin.
Karena terbiasa dengan pekerjaan teknis ataupun pekerjaan yang bisa
ditangani sendiri, maka seorang Pemimpin, apa itu Supervisor ataupun Manajer
mengalami ke-kikuk-an ketika harus mengelola tim. Pelatihan ini bertujuan untuk
memberikan pemahaman menyeluruh mengenai hal tersebut.
Dimulai
dengan pengenalan tim melalui MBTI, salah satu metode asesmen untuk
pengembangan manusia, maka peserta diharapkan lebih mengenal tipe anggota tim
yang dihadapinya serta implikasinya dalam pengelolaan tim.
Mapping dari
anggota tim juga dapat dilihat dari profile kemampuannya, motivasinya,
komitmennya, dan lain-lain yang bisa menjadi salah satu dasar dalam mengalokasi
resource SDM yang ada dan melakukan pendekatan yang personal dalam mengelola
tim.
Kemampuan
utama dalam pengelolaan orang juga akan diuraikan prinsip-prinsipnya.
Seperti kemampuan dalam memberikan instruksi, memotivasi, memberi teguran.
Kelompok kemampuan mengelola orang berikutnya yang akan diberikan dalam
pelatihan ini adalah: coaching, konseling masalah ringan, serta memberikan
evaluasi melalui diskusi Performance Appraisal.
Sepanjang
waktunya tersedia, sebanyak mungkin skill yang ada dalam materi ini akan
dilatihkan melalui role playing.
Outline
Peran
Pemimpin dalam Manajemen Orang
- Peran sebagai Atasan
- Memadukan peran sebagai atasan dan peran organisasi lainnya
- Menjalankan peran sebagai trainer, coach, mediator, fasilitator, dll.
Mapping
anggota tim
- Menggunakan MBTI untuk mengenal tim
- Membuat profile kemampuan, motivasi, kepribadiaan tim
Prinsip
dasar dalam mengelola orang
- Menggunakan prinsip dasar MENDUKUNG
- Menjaga Harga Diri
- Empati
- No judgement
- Dorong keterlibatan
- Urun rembuk
- Kejelasan
- Upaya kesamaan
- No take over
- Giring ke tindak lanjut
- Contoh penerapan prinsip dasar pada interaksi atasan dan bawahan (video)
Mengenal
permasalahan dalam Manajemen Orang
- Permasalahan yang ada dalam Manajemen Orang
- Keterkaitan permasalahan orang dan organisasi
- Memisahkan masalah personal dan masalah kinerja
Skills utama
pengelolaan orang
- Memberikan instruksi
- Delegasi
- Memotivasi
- Monitoring
- Memberi teguran
Group skills
lainnya
- Coaching
- Konseling masalah ringan (yang masih bisa ditangani seorang Pemimpin)
- Memberikan evaluasi/feedback pada saat diskusi Performance Appraisal
Mengevaluasi
efektivitas pengelolaan orang
Mengevaluasi
dan menjaga kinerja optimum tim
Tidak ada komentar:
Posting Komentar