Fraud Prevention & Detection for Non‐Auditor
Kompleksitas permasalahan
ekonomi yang makin dinamis; Pencapaian kemampuan di bidang ekonomi yang
cenderung diiringi dengan munculnya bentuk-bentuk baru kejahatan, baik di
bidang ekonomi maupun sosial; dan Lemahnya prosedur, internal control,
perangkat hukum, kelemahan pegawai maupun pengawasan yang belum sempat
dibenahi; merupakan tiga hal penting yang telah berperan dalam meningkatkan
kualitas dan kuantitas kecurangan. Lalu, sebagai praktisi manajemen atau pengelola
perusahaan, apa yang harus Anda lakukan dalam
menyikapi hal ini? Yang
pertama harus disadari tentunya adalah bahwa masalah pengawasan atau
pengendalian perusahaan merupakan tanggung-jawab moral setiap individu dalam
perusahaan itu. Bagi para manajer dan eksekutif tentunya hal itu menjadi bagian
dari tugas dan
tanggung-jawabnya. Sementara
dari sisi lain kita melihat bahwa masalah kecurangan ini sudah
sedemikian membahayakannya
dan telah banyak menelan korban berupa ambruknya perusahaan. Karena alasan-alasan
itulah maka kami mengundang Anda untuk bersama-sama menelaah secara seksama
berbagai hal yang menyangkut kecurangan dalam operasional perusahaan dan
bagaimana mengatasinya. Sebelum pihak lain (seperti auditor) menemukan adanya
kecurangan di lingkungan Anda sebaiknya Anda mengetahuinya terlebih dahulu, dan
kalau bisa Anda bahkan mencegahnya agar tidak sampai terjadi..
Setelah
mengikuti pelatihan ini peserta diharapkan: Memahami tanda-tanda adanya
kecurangan dalam kegiatan operasional unitnya, Memahami arti penting pencegahan
kecurangan sebagai bagian dari pengendalian manajemen dalam mencapai tujuan
operasional unit, Mampu mengambil langkah-langkah preventif dalam mencegah
terjadinya kecurangan, serta memahami
kerangka dan proses governance berdasarkan pengintegrasian fungsi internal
control
dan manajemen risiko dalam proses pengambilan keputusan
Outline :
1.
Terminology
Kecurangan
•
Pengertian
Kecurangan
•
Faktor-faktor
Pemicu Kecurangan (Pressure – Opportunity –
Rasionalization)
•
Pelaku
Kecurangan
•
Statistik
Kecurangan
•
Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN)
2.
Potensi
Kecurangan dalam Organisasi/Perusahaan
•
Jenis-jenis
Kejahatan (White-Colour) yang trend dewasa ini
•
25
Alasan Mengapa Karyawan Melakukan Kecurangan
•
Beberapa Alasan yang Melatar-belakangi terjadinya
Kecurangan Manajemen (Management Fraud)
•
Kondisi-kondisi Khusus yang menyebabkan terjadinya
kecurangan
•
Klasifikasi
kecurangan
•
Jenis-jenis kecurangan dari sudut akibat yang ditimbulkan
•
Jenis-jenis kecurangan dari sisi akuntansi
3.
Symptoms
& Warning Signs of Fraud
•
Red
Flags (tanda-tanda kecurangan)
•
Indicators
of Fraudulent Activities
4.
Teknik-teknik
Pencegahan Kecurangan
5.
Hal-hal
yang perlu diketahui oleh para eksekutif dan manajer dalam pendeteksian kecurangan
6.
Jenis
dan Modus Operandi Kecurangan
7.
Management
Controls & Approaches (Solusi Manajemen dalam pencegahan kecurangan)
Peserta :
Pelatihan ini diikuti oleh
semua personal dan bidang yang terkait
dengan Fraud Prevention &
Detection.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar