Managing Work-Life Balance
Bekerja memang merupakan tujuan utama seseorang dalam meraih
aktualisasi diri terhadap potensi yang dimiliki. Dalam perjalanan kerja,
sebagaian besar orang mulai merasakan ada hal yang lain yang harus mereka
perhatikan selain bekerja. Hal yang dimaksud adalah kehidupan pribadi yang dijalani
dalam kesehariannya.
Banyak orang kemudian mempertayakan apakah kehidupan pribadinya
sudah seimbang dengan waktu kerja yang dia habiskan selama hidupnya ini.
Tuntutan akan adanya keseimbangan antara pekerjaan dengan kualitas hidup
pribadi menjadi hal yang menarik untuk membentuk karakter diri yang kuat dan
tegar. Disamping itu, keseimbangan karyawan didalam bekerja dan menjalani
kualitas hidupnya juga menjadi focus perhatian perusahaan.
Perusahaan menyadari kesuksesan karyawan dalam bekerja melalui
pencapaian target dengan performance luar biasa, bukanlah semata-mata karena
keterampilan dan kompetensi yang dimiliki karyawan, namun yang tak kalah
penting adalah keseimbangan karyawan tersebut dalam mengelola kualitas hidup
personalnya dengan tunutank erja.
Konsep ini disebut sebagai work-life balance. Keseimbangan antara
kerja dan kualitas hidup tidak bisa dibuat dalam bentuk 50% - 50 %.Ini bukanlah
hitungan matematis, namun berbicara tentang bagaimana karyawan membangun
kualitas kerja dan kehidupannya selaras.
Pelatihan ini akan mengajak peserta membuka paradigm mengenai
pentingnya menjaga keseimbangan antara pekerjaan dengan kehidupan personal.
Selain itu para peserta akan dibekali dengan ketrampilan bagaimana menjaga
keseimbangan antara dua hal tersebut.
Sasaran Pelatihan
Setelah mengikuti pelatihan ini, para peserta diharapkan mampu:
- Memahami pengertian work-life balance
- Memahami kenapa karyawan dan perusahaan memerlukan ‘work-life balance”
- Mengidentifikasi hal-hal yang membuat work-life balance dapat berjalan selaras.
- Menyusun individual action plan untuk managing work-life balance
Outline
- Pemahaman worklife balance
- Work-life balance dari sudut pandang karyawan dan perusahaan
- Langkah kunci mengelola work-life balance
- Membangun mindset positif untuk mengaplikasikan work life balance
Peserta
- Para karyawan middle level maupun senior level
- Siapa saja yang ingin meningkatkan wawasan dan ketrampilan mengenai work-life balance
Tidak ada komentar:
Posting Komentar