Kamis, 28 Februari 2013

Lobbying & Negotiation Skills For Managers



Lobbying & Negotiation Skills For Managers
Salah satu tugas penting manajer adalah mencapai kesepakatan dengan berbagai pemegang kepentingan (stake holder) yang terkait dengannya, khususnya pihak2 di luar organisasi.  Baik dalam kaitan dengan penjualan, perijinan ataupun kesepakatan2 bisnis lainnya. 
Untuk dapat mengoptimalkan posisi Perusahaan di dalam transaksi tersebut, maka tidak cukup seorang manajer hanya mempersiapkan diri di dalam proses formal nya (negosiasi), ia juga perlu menguasai prinsip2 dan ketrampilan dalam melakukan lobbying.  Sehingga proses transaksi dapat diarahkan se awal mungkin.
Workshop ini memberian wawasan, prinsip2 dasar dan ketrampilan utama dalam melakukan lobi dan negosiasi.  Walaupun materi yang diberikan cukup padat, namun tetap disediakan cukup kesempatan untuk role playing agar peserta dapat merasakan aplikasi dari berbagai konsep yang didiskusikan.
Sasaran :
  1. Peserta paham prinsip-prinsip lobbying negosiasi yang saling menguntungkan bagi pihak-pihak yang terlibat
  2. Peserta menguasai dan mampu mengembangkan teknik-teknik negosiasi secara efektif.
  3. Peserta mampu menggunakan prinsip komunikasi yang tepat dalam bernegosiasi.
Outline :
1. LOBBYING NEGOSIASI  DALAM BISNIS
  • Masalah dan tantangan dalam lobbyingh negosiasi
  • Kompetisi vs integrasi
  • Tiga unsur pokok negosiasi
2. PERSIAPAN LOBBYING NEGOSIASI
  • Kriteria sukses lobby negosiasi
  • Identifikasi kekuatan dan kelemahan
  • Aspek budaya
3. ASPEK KOMUNIKASI
  • Mendengarkan aktif dalam lobbying negosiasi
  • Mengatasi hambatan komunikasi dalam lobby negosiasi
4.  TEKNIK NEGOSIASI
  • Lima strategi pokok
  • Sepuluh teknik dasar
  • Teknik konsesi



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar