Kamis, 21 Februari 2013

ANALYTICAL CREATIVE THINKING

ANALYTICAL CREATIVE THINKING
 (Analisa Berpikir Kreatif)
Perubahan yang terjadi begitu cepat dalam dunia usaha, kerumitan masalah terus bertambah, dan akhirnya manusia kerja dituntut menyesuaikan diri dan membangun dirinya menghadpi rintangan dan tantangan. Akibatnya semua orang harus berpikir kreatif untuk mendukung kepercayaan diri yang lebih tinggi.
Berpikir kreatif akan membawa seorang menjadi penggagas, dan dengan kreatifitas akan mewujudkan gagasan ke dalam kenyataan. Kreatifitas merupakan kekuatan daya cipta yang mewujudkan karya dan kerja yang bertumpu pada inovasi. Jalinan yang terjadi antara konsep berpikir kreatif dan kreatifitas dilakukan dengan dua tahap berbeda; berpikir lalu berbuat. Berpikir kreatif adalah sebuah ‘petualangan’, tetapi harus menjadi dasar untuk berbuat. Walaupun ‘Petualangan’ berkonotasi coba-coba, dengan pencarian yang gigih dan didukung pengalaman, berpikir kreatif akan sangat berguna dalam peningkatan usaha mencapai tujuan perusahaan. Aspek-aspek pengelolaan aset perusahaan adalah yang paling penting, namun sulit. Dengan peningkatan berpikir kreatif maka kreatifitas tidak akan berhenti.  
Pelatihan ini  dimaksudkan untuk memberikan pemahaman, pengetahuan tentang potensi diri individu. Pembahasan meliputi aplikasi tentang potensi diri manusia dalam kehidupan organisasi, secara efektif efisien dalam praktek pengelolaan diri untuk pengembangan karir organisasi. Pengetahuan tentang manusia dalam kehidupan organisasi, memberikan acuan bagi upaya pengembangan diri dalam implementasi keputusan strategi perusahaan.
B. TUJUAN PELATIHAN
Tujuan yang ingin dicapai dari pelatihan ini adalah:
  1. Meningkatkan keterampilan analitis yang akan berdampak kepada  berpikir kreatif untuk membangun kreatifitas kerja sehingga terbentuk motivasi positif dalam bekerja.
  2. Membangun sikap dan pola pikir positif yang terlatih dalam melakukan sintetis dan berimajinasi yang lebih kuat yang merupakan kombinasi kekuatan mental didukung kualitas pribadi yang membentuk pikiran kreatif luar biasa.
C. BAHASAN KURIKULUM
Pelatihan dilakukan dengan pendekatan klasikal, diskusi, dan sharing. Materi pelatihan adalah:
1.  Meningkatkan Ketrampilan Analitis
     a.  Mengenal potensi diri
     b.  Modal untuk sukses bekerja
2.  Breaking the limits
     a.  Mengenal pembatas fisik
     b.  Menghancurkan tembok pembatas prestasi
3. Mengolah Kreatifitas
     a. Membuat permulaan dalam ‘perencanaan’
     b. Melatih KreatifitasPengembangan Modal Dasar
4. Pengembangan Modal Dasar
     a.  Meningkatkan kemampuan fisik
     b.  Meningkatkan kemampuan intelektual
     c.  Meningkatkan kemampuan mental
     d.  Meningkatkan kemampuan pengendalian emosional
     e.  Meningkatkan kemampuan spiritual.
5.  Kreatif dalam Memikirkan Kehidupan dan Kerja
     a. Daya kreasi dan sikap kreatif sebagai kewajiban
6.  Membangun etos kerja yang tangguh
     a.  Memahami kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas.
     b.  Meningkatkan etos kerja.
7.  Menjaga dan memelihara perilaku kehidupan
     a.  Memahami perilaku positif, produktif, dan kontributif
     b.  Implementasi perilaku positif, produktif, dan kontributif.
D. SIAPA YANG HARUS HADIR
Seluruh karyawan perusahaan/organisasi dan setiap orang yang perlu digerakkan dalam berpikir kreatif yang akan membawa menjadi penggagas, dan mewujudkan gagasan ke dalam kenyataan meningkatkan kerja.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar