Jumat, 08 Februari 2013

Fraud Prevention & Detection for Non‐Auditor



Fraud Prevention & Detection for Non‐Auditor

Kompleksitas permasalahan ekonomi yang makin dinamis; Pencapaian kemampuan di bidang ekonomi yang cenderung diiringi dengan munculnya bentuk-bentuk baru kejahatan, baik di bidang ekonomi maupun sosial; dan Lemahnya prosedur, internal control, perangkat hukum, kelemahan pegawai maupun pengawasan yang belum sempat dibenahi; merupakan tiga hal penting yang telah berperan dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas kecurangan. Lalu, sebagai praktisi manajemen atau pengelola perusahaan, apa yang harus Anda lakukan dalam
menyikapi hal ini? Yang pertama harus disadari tentunya adalah bahwa masalah pengawasan atau pengendalian perusahaan merupakan tanggung-jawab moral setiap individu dalam perusahaan itu. Bagi para manajer dan eksekutif tentunya hal itu menjadi bagian dari tugas dan
tanggung-jawabnya. Sementara dari sisi lain kita melihat bahwa masalah kecurangan ini sudah
sedemikian membahayakannya dan telah banyak menelan korban berupa ambruknya perusahaan. Karena alasan-alasan itulah maka kami mengundang Anda untuk bersama-sama menelaah secara seksama berbagai hal yang menyangkut kecurangan dalam operasional perusahaan dan bagaimana mengatasinya. Sebelum pihak lain (seperti auditor) menemukan adanya kecurangan di lingkungan Anda sebaiknya Anda mengetahuinya terlebih dahulu, dan kalau bisa Anda bahkan mencegahnya agar tidak sampai terjadi..
Setelah mengikuti pelatihan ini peserta diharapkan: Memahami tanda-tanda adanya kecurangan dalam kegiatan operasional unitnya, Memahami arti penting pencegahan kecurangan sebagai bagian dari pengendalian manajemen dalam mencapai tujuan operasional unit, Mampu mengambil langkah-langkah preventif dalam mencegah terjadinya kecurangan,  serta memahami kerangka dan proses governance berdasarkan pengintegrasian fungsi internal
control dan manajemen risiko dalam proses pengambilan keputusan

Outline :
1.      Terminology Kecurangan
          Pengertian Kecurangan
          Faktor-faktor Pemicu Kecurangan (Pressure – Opportunity – Rasionalization)
          Pelaku Kecurangan
          Statistik Kecurangan
          Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN)
2.      Potensi Kecurangan dalam Organisasi/Perusahaan
          Jenis-jenis Kejahatan (White-Colour) yang trend dewasa ini
          25 Alasan Mengapa Karyawan Melakukan Kecurangan
          Beberapa Alasan yang Melatar-belakangi terjadinya Kecurangan Manajemen (Management Fraud)
          Kondisi-kondisi Khusus yang menyebabkan terjadinya kecurangan
          Klasifikasi kecurangan
          Jenis-jenis kecurangan dari sudut akibat yang ditimbulkan
          Jenis-jenis kecurangan dari sisi akuntansi
3.      Symptoms & Warning Signs of Fraud
          Red Flags (tanda-tanda kecurangan)
          Indicators of Fraudulent Activities
4.      Teknik-teknik Pencegahan Kecurangan
5.      Hal-hal yang perlu diketahui oleh para eksekutif dan manajer dalam pendeteksian kecurangan
6.      Jenis dan Modus Operandi Kecurangan
7.      Management Controls & Approaches (Solusi Manajemen dalam pencegahan kecurangan)

Peserta :
Pelatihan ini diikuti oleh semua personal dan  bidang yang terkait dengan Fraud Prevention & 
Detection.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar