Jumat, 15 Februari 2013

DATA FOR ACTION WITH EXCEL 2010



DATA FOR ACTION WITH EXCEL 2010

Sering dijumpai disejumlah organisasi atau perusahaan yang sudah menggunakan aplikasi besar yang terintegrasi (contoh ; SAP/ERP) ingin melakukan pembuatan customization of report secara idependen berdasarkan data export dari aplikasi tersebut.
Umumnya karyawan yang melakukan kustomisasi report dari external data tersebut menggunakan aplikasi Ms. Excel. Tapi karena masih dikerjakan secara manual dan umumnya mereka belum tahu format data yang bisa dibuat otomatisasi report-nya oleh Excel dan format data bagaimana yang tidak bisa dibuatkan otomatisasi reportnya.
Selain itu juga, Excel 2010 dapat melakukan validasi data dan analisa data sekaligus pembuatan summary report dengan tampilan grafik yang dinamis, menarik dan interaktif. Tentunya hal tersebut dapat  dikerjakan dengan tepat, mudah dan cepat.
Oleh karena itu pengunaan aplikasi Excel 2010 untuk otomatisasi pengolahan data dan penciptaan informasi yang dibutuhkan dalam proses pengambilan keputusan manajemen tentunya sangat diperlukan pada departemen accounting, finance dan sales.

OBJECTIVES
Setelah mengikuti pelatihan ini peserta diharapkan mampu untuk :
  1. Melakukan penataan metadata yang baik sehingga dapat diproses langsung oleh Excel 2007 menjadi informasi yang bermanfaat dalam waktu yang singkat.
  2. Membuat summary report table dengan tampilan grafik yang dinamis, menarik dan interaktif meskipun sumber data tersebut berasal dari external data atau data export yang dihasilkan oleh system aplikasi lain.
  3. Mendapatkan solusi yang tepat dan cepat dari permasalahan promosi sales berdasarkan sejumlah batasan persyaratan yang dimiliki oleh perusahaan dan target yang diinginkan.
  4. Membuat system komputerisasi penjualan dengan menggunakan sejumlah sheet yang berfungsi sebagai table master dan table transaksi.
  5. Membuat laporan penjualan per jenis produk, laporan pola selera konsumen per wilayah pemasaran, laporan kinerja salesman berdasarkan besarnya penjualan, laporan kinerja salesman berdasarkan ketepatan pelunasan kredit, laporan kinerja salesman berdasarkan kepatuhan pada limit kredit, laporan monitoring kinerja salesman dari bulan ke bulan, laporan penjualan per wilayah pemasaran dari bulan ke bulan, analisis jenis produk yang disukai konsumen dan analisis pilihan warna  produk yang disukai konsumen.


SYLLABUS
  1. Tips menata metadata agar siap diproses di Excel.
  2. Import external data hasil dari aplikasi lain.
  3. Summary report table yang terhubung dengan tampilan grafik.
  4. Pemecahan masalah besarnya biaya promosi sales.
  5. Pembuatan komputerisasi penjualan dengan menggunakan sheet-sheet :
    • Sheet persediaan.
    • Sheet konsumen.
    • Sheet penjualan.
    • Sheet detail penjualan.
  6. Laporan penjualan per jenis produk.
  7. Laporan pola selera konsumen per wilayah pemasaran.
  8. Laporan kinerja salesman berdasarkan besarnya penjualan.
  9. Laporan kinerja salesman berdasarkan ketepatan pelunasan kredit.
  10. Laporan kinerja salesman berdasarkan kepatuhan pada limit kredit
  11. Laporan monitoring kinerja salesman dari bulan ke bulan.
  12. Laporan penjualan per wilayah pemasaran dari bulan ke bulan
  13. Analisis jenis produk yang disukai konsumen.
  14. Analisis pilihan warna  produk yang disukai konsumen.

AUDIENCE TARGET
Staff dan Leader yang sering menggunakan aplikasi Ms. Excel



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar