Minggu, 12 Agustus 2012

FUND RAISING COURSE - PELATIHAN PENGGALANGAN DANA


PELATIHAN PENGGALANGAN DANA
(FUND RAISING COURSE)

Program-program pemberdayaan masyarakat di Indonesia yang dilakukan oleh organisasi masyarakat sipil (Lembaga Swadaya Masyarakat/LSM dan Organisasi Sosial – Kemasyarakatan) telah membuka wawasan masyarakat terhadap pentingnya peran serta (partisipasi) sosial terhadap berbagai kebijakan pemerintah. Di berbagai wilayah di Indonesia, pelaksanaan peran serta (partisipasi) dinilai belum cukup menunjukkan kuatnya proses demokrasi. Untuk itu, peran serta organisasi masyarakat sipil semakin dibutuhkan lebih besar lagi.
Peran serta tersebut tentunya membutuhkan berbagai sumber daya yang tidak sedikit (tenaga, pikiran, totalitas dan terutama dana). Kondisi yang tidak bisa dipungkiri adalah banyak organisasi masyarakat sipil di Indonesia yang secara program memiliki dampak cukup luas tetapi secara finansial kelembagaan masih harus tambal sulam. Oleh karena itu, kesinambungan (sustainability) organisasi, terutama kesinambungan financial kelembagaan, haruslah menjadi salah satu fokus perhatian utama. Dengan memperkuat financial kelembagaan, organisasi masyarakat sipil akan mampu bertahan dan berkembang dalam perencanaan yang matang di semua aspek pendukung hidupnya sehingga program-program yang ada tetap terlaksana dan berkembang sesuai tuntutan & kebutuhan masyarakat.
Pengandaian – pengandaian lama yang menyatakan bahwa organisasi masyarakat sipil (khususnya, LSM dan Organisasi Sosial – Kemasyarakatan) di Indonesia dapat menggantungkan diri sepenuhnya kepada lembaga funding dalam semua pendanaan kegiatan haruslah mulai diubah. Kesinambungan organisasi tidak hanya berkaitan dengan menjalin hubungan dengan funding tetapi juga melakukan serangkaian kegiatan yang terorganisir baik untuk menggalang sumber daya dan dana bagi kesinambungan organisasi. Dengan demikian, organisasi masyarakat sipil dapat mengembangkan diri dan menjaga kesinambungan organisasinya secara mandiri.
TUJUAN
Tujuan dari pelatihan ini adalah agar:
1.Participan semakin mengenal arti dan implikasi kegiatan Penggalangan Dana.
2.Partisipan mampu menilai upaya-upaya Penggalangan Dana
3.Partisipan mempu menyusun Strategi Penggalangan Dana.
4.Partisipan mampu merancang instrument Penggalangan Dana dan memahami kegunaan instrumen-instrumen Penggalangan Dana.
Tujuan akhir dari pelatihan ini adalah partisipan mampu menemukan alternatif sistem penggalangan daya dan dana yang cocok untuk diterapkan di organisasinya.
MATERI PELATIHAN
1.Pemahaman mengenai Penggalangan Dana
2.Pentingnya menghadapi implikasi Penggalangan Dana
3.Penggalangan Dana dan sustainability.
4.Menentukan strategi Penggalangan Dana
5.Langkah-langkah dalam melakukan Penggalangan Dana.
6.Berbagai upaya Penggalangan Dana.
7.Instrumen Penggalangan Dana.
8.Etika Penggalangan Dana.
9.Evaluasi Penggalangan Dana.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar