Kamis, 07 Februari 2013

Konvergensi PSAK Menuju IFRS



Konvergensi PSAK  Menuju IFRS

IFRS (International Financial Reporting Standard) merupakan pedoman penyusunan laporaan keuangan yang diterima secara global. Jika sebuah negara menggunakan IFRS, berarti negara tersebut telah mengadopsi sistem pelaporan keuangan yang berlaku secara global sehingga memungkinkan pasar dunia mengerti tentang laporan keuangan perusahaan di negara tersebut berasal.
Strategi adopsi yang dilakukan untuk konvergensi ada dua macam, yaitu big bang strategy dan gradual strategy. Big bang strategy mengadopsi penuh IFRS sekaligus, tanpa melalui tahapan – tahapan tertentu. Strategi ini digunakan oleh negara – negara maju. Sedangkan pada gradual strategy, adopsi IFRS dilakukan secara bertahap. Strategi ini digunakan oleh negara – negara berkembang seperti Indonesia.
PSAK akan dikonvergensikan secara penuh dengan IFRS melalui tiga tahapan, yaitu tahap adopsi, tahap persiapan akhir dan tahap implementasi.
Namun seiring dengan semakin dekatnya waktu penerapan IFRS di Indonesia, maka perlu adanya upaya pemahaman yang komprehensif dan mendalam melalui kegiatan pendidikan dan pelatihan. Penerapan IFRS ini sendiri secara internasional dilakukan sebagai upaya untuk memperkuat arsitektur keuangan global dan mencari solusi jangka panjang terhadap kurangnya transparansi informasi keuangan.

Outline :
1.      About IFRS
2.      Arti pentingnya penerapan IFRS
3.      Akuntansi Komparatif
4.      Harmonisasi Akuntansi Internasional
5.      Ruang lingkup dan konsep pokok IFRS
6.      Accounting treatment dalam IFRS
7.      Konsep reporting dan disclosure dalam IFRS
8.      Perbedaan antara IFRS dan PSAK dan konvergensi PSAK ke dalam IFRS
9.      Financial Analysis and Interpretation dalam IFRS dan perbandingannya dengan PSAK.

Peserta :
Pelatihan ini diselenggarakan untuk staf / officer accounting dan finance yang ingin memiliki dasar pengetahuan yang luas mengenai bidang accounting khususnya yang berkaitan dengan penerapan IFRS


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar